Penggunaan Dandes Pocil Tak Ada Masalah

0
50
Penggunaan Dandes Pocil Tak Ada Masalah

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Sejak dikucurkan oleh Pemerintah Pusat Maret lalu, kini Dana Desa (Dandes) yang terbagi di 15 Desa se-Kota Kotamobagu, sudah memanfaakan anggaran tersebut. Bahkan kucuran dandes tahap I sebesar 60 persen telah terealisasi dihampir setiap desa.

Untuk Desa Poyowa Kecil (Pocil) Kecamatan Kotamobagu Selatan, realisasinya  sudah mencapai 50 persen. Menurut Kepala Desa (Sangadi), Supardi Bonok, pihaknya dalam penggunaan dandes di fokuskan untuk pekerjaan fisik. “Hampir setiap dusun ada pekerjaan fisik. Saat ini pekerjaan keselurahan untuk tahap I sudah mencapai 50 persen,” kata Supardi, kemarin.

Ia mengatakan, sudah ada beberapa pekerjaan yang sudah finishing atau selesai. Dan sisannya, seperti pembangunan Posiandu dan Pos Kamling sudah memasuki tahap perampungan. Namun demikian katanya, lanjutan pekerjaan itu dilakukan stelah anggaran dandes tahap II cair. “Kita sedang dalam penyusunan SPJ tahap I, sebagai dasar proeses pencaiaran tahap II Agar pembangunan yang masih tahap pekerjaan lanjutan bisa selesasi,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa tim auditor Inspektorat Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu sudah mulai melakukan evaluasi di Desa Pocil. Katanya, evaluasi tahap I ini mereka (tim auditor) menilai tidak ada kejanggalan, semua pekrjaan fisik sesuai RAB. “Meski begitu, saya  juga mengingatkan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), untuk lebih fokus dan teliti dalam melaksanakan program yang sedang brlangsung,” ucapnya.

Sementara itu, ia juga berharap agar program yang tengah dijlankan ini didukung penuh oleh masyarakat. “Masyarakat juga harus mendukung program ini,” tambahnya.

Sekadar dikatehui, anggaran dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk desa poyowa kecil sekira Rp1,1 Miliar.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.