Sarana Prasarana Paud Kotamobagu Terbilang Memadai

0
963
Dana BOP untuk PAUD Segera Cair

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Ketersediaan sarana dan prasarana Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Kotamobagu sudah sangat memadai. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kotamobagu, Rukmini Simbala melalui Kepala Seksi PAUD Gaeda Gonibala kepada sejumlah awak media, Senin (15/10/2018).

“Saat ini terdapat 120 Lembaga PAUD di Kotamobagu, yang mampu menampung para siswa peserta PAUD. Kita punya banyak lembaga PAUD, belum lagi banyak lembaga lain untuk proses pembelajaran anak usia dini,” kata Gaeda.

Namun, Gaeda menjelaskan partisipasi dari para orang tua untuk menyekolahkan anaknya secara berjenjang sangat kurang. Padahal, proses pendidikan awal melaui PAUD sangat penting untuk membenuk mental dan karakter dari anak didik tersebut.

“Disinikan masih banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya langsung ke Taman Kanak-kanak atau Sekolah Dasar, padahal proses PAUD itu sangat panting untuk membentuk karakteristik anak itu sendiri,” ujarnya.

Untuk itu, Dia mengimbau masyarakat baik Orang tua untuk menyekolahkan anaknya terlebih dahuluh melalui PAUD kemudian ke Sekolah berjenjang lainnya.

“Anak-anak itu perlu melakukan proses pendididkan melalui KB, kemudian TK baru lanjut ke SD. Jika Anak-anak itu terbiasa dengan orang banyak, maka mereka sudah tidak kaku. Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat khususnya Ibu-ibu yang baru memasukan anaknya ke sekolah agar melalui proses pendidikan yang ada,” himbau Gonibala.

Lanjutnya, ada beberapa PAUD yang tersebar di empat kecamatan di Kotamobagu.

“Diantaranya, TK ada ada 53, Kelompok Bermain (KB) ada 23, Taman penitipan anak (TPA) ada 2 dan Satuan Pendidikan Sejenis (SPS) sebanyak 42.yang tersebar di Empat Kecamatan,” tutupnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.