Wali Kota Lepas Peserta Kontingen Penas KTNA

0
55

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU -Sebanyak 21 Anggota Kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Kotamobagu yang akan mengikuti Pekan Nasional (Penas) ke-XV di Banda Aceh, resmi dilepas Wali Kota, Ir Hj Tatong Bara, Rabu (03/05/2017).

Wali Kota mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan Penas tersebut antara lain sebagai wadah memvisualisasikan kreatifitas dan inovasi dalam mengelola potensi pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan dengan berbagai teknologi tepat guna dan modern

“Selain itu untuk meningkatkan kemampuan manajerial dalam pengelolaan usaha tani yang professional, serta memantapkan kelembagaan petani nelayan dan petani hutan sebagai mitra kerja pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani dan keluarganya,” jelasnya.

Ditambahkan, pemerintah sangat mendukung terkait dengan keberangkatan kontingen untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman di KTNA. Dimana KTNA merupakan berbagai program termasuk di bidang pertanian dan kelautan, banyak sekali terdapat pemberdayaan petani dan nelayan.

“Program-program ini terbukti sangat memberikan motivasi dan semangat serta optimisme dalam berusaha tani. Mudah-mudahan konsistensi ini terus dipertahankan, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan petani,” ungkapnya.

Ia juga memberikan apresiasi positif terhadap keikutsertaan KTNA Kota Kotamobagu dalam PENAS 2017. “Sebab, kegiatan ini sudah sangat tepat dan dapat memberi motivasi menuju kedaulatan pangan karena mengandung makna peningkatan kualitas SDM petani dan nelayan untuk menuju petani yang handal, tangguh, dan mandiri serta tumbuh rasa bangga menjadi petani,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kotamobagu Hardy Mokodompit melaporkan pada PENAS yang akan berlangsung di Banda Aceh tanggal 6-11 Mei mendatang. “Jumlah peserta sebanyak 21 orang. Nantinya akan membawa proudok andalan yang ada di Kotamobagu,” kata Hardy.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.