Walikota Buka Tradisi Malam Lampu ‘Monuntul’

0
94
Tatong Kembali di Undang ke Istana
Tatong Bara
ADVETORIAL, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, secara resmi membuka tradisi malam lampu “monuntul” di Kota Kotamobagu (KK), tepatnya di Kelurahan Kobo Besar Kecamatan Kotamobagu Timur.

Walikota Buka Tradisi Malam Lampu ‘Monuntul’

Pembukaan malam pasang lamu tersebut, ditandai dengan pemasangan lampu secara simbolis oleh Wali Kota, Sabtu (02/07/2016) malam.
Wali Kota Tatong Bara menyampaikan, tradisi malam pasang lampu merupakan tanda syukur akan berakhirnya bulan suci Ramadhan bagi umat Islam, yang dilaksanakan pada malam ke-27 hingga berakhirnya Ramadhan. “Malam pasang lampu sudah menjadi tradisi turun temurun sejak orang tua terdahulu. Dan ini perlu kita ditonjolkan,” ucap Wali Kota dalam sambutanya.
Walikota Buka Tradisi Malam Lampu ‘Monuntul’
Menurut Wali Kota, tradisi tersebut harus terus dilaksanakan, mengingat desinasi pariwisata yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).
“Salah satu potensi yang kita miliki adalah tradisi Monuntul. Olehnya, tradisi ini akan kita jadikan sebagai wisata budaya di Kotamobagu ,” ujar Wali Kota Tatong Bara.
Sementara itu, Wali Kota juga memberikan apresiasi khsusnya kepada  masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Kobo Besar. Dan juga mengucapkan selamat menyambut hari raya idul fitri, disela-sela sambutan.“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, demi menjaga kemanan dan ketertiban di daerah yang sama-sama kita cintai, karena tinggal beberapa hari lagi umat muslim khusunya yang ada di Kotamobagu akan merayakan hari kemenangan. Semoga seluruh amal ibadah kita diterima Allah SWT. Selamat menyongsong  1 Syahwal 1437 Hijriyah,” tutup Wali Kota.

Walikota Buka Tradisi Malam Lampu ‘Monuntul’

Turut hadir dalam pembukaan, Assisten I Nasrun Gilalom, Kepala Dinas Tata Kota Irawan Bambang Ginoga, Kepala Bagian Kesos Adin Matali, Kabag Humas Aljufri Ngadu, dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Kotamobagu, serta Camat Kotamobagu Timur Usmar Mamonto, Lurah Kobo Besar R. Makalalag, Ketua LPM Mus Mamonto, Ketua BTM Nurul Insan Hi. Burhanudin Humolungo, dan para toko masyarakat, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh pemuda dan warga masyarakat setempat.
Diketahui, pembukaan Monuntul tersebut, juga menandai digelarnya perlombaan serta penilaian oleh tim penilai dari Pemkot, Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), Komiten Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotamobagu dan sejumlah media yang terlibat dalam penilaian lomba.
Usai membuka kegiatan malam pasanga lampu di lapangan Kobo besar, Wali Kota bersama rombongan, juga meninjau tradisi malam pasang lampu di Kelurahan lainnya. Di antaranya, Kelurahan Poyowa Besar, Tabang, Sinindian dan Molinow.
Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.