Pemkab Boltim Rencana Tertibkan Pedagang Jalanan

0
233

TOTABUANEWS.COM, Tutuyan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) rencananya akan membangun 20 rumah toko (ruko) di kawasan Pasar Pondabo Tutuyan.

Kepala Kantor Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Pasar Boltim, Abdul Samad Lentang mengatakan hal ini untuk memaksimalkan dan menunjang pengoperasian Pasar Pondabo. “Tahun ini pemda akan membangun 20 ruko di Pasar Pondabo. Sekarang sudah masuk tahap tender. Dananya dari APBD 2013,” ungkap Samad kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Sedangkan untuk penggunaan pasar yang sudah diresmikan sejak Juni 2012 silam ini, pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sedang melengkapi fasilitas penunjang di pasar tersebut. “Penggunaan Pasar Pondabo sambil menunggu jalan dan pemasangan air bersih,” jelasnya.

Katanya, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke pihak pedagang jalanan dan warga sekitar untuk menempati kembali pasar yang pernah ditinggalkan warga tersebut. “Pedagang selama setahun akan dibebaskan dari biaya apapun kecuali retribusi kebersihan,” jelasnya.

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja maupun Dinas Perhubungan untuk menertibkan pedagang jalanan. Upaya tersebut akan dilakukan agar masyarakat datang membeli ke pasar. “Setelah selesai pembangunan fasilitas maka Disperindag akan menyerahkan pengelolaan secara bersama dengan membuat kesepakatan,” jelasnya. (emon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.