Pemkot Berencana Tingkatkan Status RS Pobundayan ke Tipe B

0
221
RS-Pobundayan
RS-Pobundayan
RS-Pobundayan

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, menegaskan pihaknya hingga saat ini terus memperjuangkan peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu yang terletak di Kelurahan Pobundayan, dari Tipe C ke Tipe B. “Saat ini kami masih melakukan pembenahan untuk peningkatan status RSUD tersebut, agar kedepan bisa menjadi rukukan se Bolaang Mongondow Raya,” ujar Tatong.

Untuk bisa mendapatkan status RSUD Tipe B, dikatakan Tatong ada beberapa fasilitas rumah sakit yang harus dipenuhi.
“Untuk kamar tidur contohnya saat ini tersedia 50, dan untuk ditingkatkan ke Tipe B, harus tersedia sekitar 300 kamar,” tambahnya.

Soal anggaran, Tatong mengatakan pihaknya telah mengusulkan dana sebesar Rp400 juta ke pemerintah pusat.
“Dana itu akan dialokasikan Rp150 miliar untuk Sumber Daya Manusia (SDM), sisanya untuk perbaikan fisik bangunan,” paparnya.

Disisi lain, untuk penataan serta penyempurnaan pembangunan RSU tipe B, menurut Tatong tidak bisa sembarangan. Sebab, harus ada konsultan khusus yang mengerti persoalan penataaan bangunan kesehatan itu.“Salah satu contohnya adalah ruang inkubasi bayi, harus benar-benar steril dari bakteri. Target kami peningkatan Tipe B itu bisa direalisasi tahun 2017 nanti,” tutupnya.

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.