Program Padat Karya Segera Digelar

0
237

TOTABUANEWS.COM, Tutuyan – Pelaksanaan program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) padat karya di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2013 ini.

Kepala Disnakertrans Boltim, Adijibsarjana Hasan Jan kepada sejumlah wartawan mengatakan program yang didanai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tersebut bertujuan melakukan penyerapan tenaga kerja dan pelatihan agar kemudian hari warga bisa mandiri. “Tujuannya untuk penyerapan tenaga kerja. Jangan lihat kegiatannya,” jelas Hasan beberapa waktu lalu.

Hasan mengatakan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa pembuatan jalan dan jembatan. Pihaknya sudah melakukan survei untuk menentukan desa yang akan menjadi sasaran program tersebut. “Program padat karya direncanakan akan dilakukan di Desa Togid, dua desa di Nuangan dan satu desa masih disurvei. Rencana di Kotabunan,” tuturnya.

Hasan juga menambahkan dalam menentukan lokasi, sebelumnya pihaknya dan dinas pekerjaan umum melakukan tahapan Survei Investigasi Desaign (SID). “Ini program tahunan dari APBN. Kami hanya pelaksana program saja,” terangnya.

Hasan menuturkan program tersebut membutuhkan sokongan dari warga. Katanya, lahan pembangunan harus dihibahkan warga, sebab pemerintah tidak menyediakan dana untuk ganti rugi lahan dan tanaman. “Kami mencari desa yang menghibahkan lahannya, sebab pemerintah tidak akan mengganti rugi. Dana untuk setiap kegiatan sekitar Rp 100 juta,” tutup mantan Kepala Dinas PU Boltim tersebut. (emon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.