Diduga Ada Skandal Dalam Antrian Solar di Manado

0
128

TNews, SULUT – Antrian pembelian solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terjadi di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, Lampung, Bengkulu dan Jambi.

Bahkan di Manado dan beberapa kabupaten di Sulawesi Utara (Sulut), banyak kendaraan ‘mengular’ untuk mendapatkan solar di beberapa SPBU.

antrian solar seringkali terlihat di SPBU Ring Road Manado.

Kondisi ini mendapat sorotan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Juru Bicara Bidang Ekonomi DPP PSI, Andre Vincent Wenas merasa curiga dengan kondisi ini dan meminta agar pihak terkait mengusut tuntas.

“Kalau menurut Pertamina pasokan solar bersubsidi itu cukup, mengapa masih terjadi antrian panjang di beberapa daerah? Ini faktanya di lapangan,” ujar Andre Vincent Wenas, Selasa (23/3/2022).

Menurut Andre, distribusi BBM lebih terkendali dibanding pola distribusi minyak goreng.

Ia pun mempertanyakan kelangkaan solar itu.

“BBM itu distribusinya dari kilang dan/atau ratusan terminal BBM (tanki timbun) milik Pertamina di berbagai daerah. Lalu oleh agen penyalur diteruskan ke SPBU, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Bunker (SPBB) atau ke industri dan kapal yang jumlahnya belasan ribu itu,” jelasnya.

Yang jadi persoalan saat ini, lanjut Andre, adalah titik macetnya solar tersebut.

“Atau di mana bocornya? Ini mencurigakan. Janganlah rakyat dipermainkan terus,” tegas Andre.

Ia menegaskan, Pertamina sebagai korporasi milik negara yang bertugas mewujudkan kedaulatan energi hingga ke pelosok negeri mesti fokus memastikan ketersediaan energi nasional yang inklusif berdasarkan prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability dan sustainability.

Andre berharap Menteri BUMN Erick Thohir dan Dirut Pertamina segera turun membereskan kisruh distribusi solar bersubsidi di berbagai daerah.

“Kita mesti jaga bersama momentum pertumbuhan ekonomi yang sedang merambat naik. Kalau ada skandal segeralah bongkar dan tangkap pelakunya,” tandasnya.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.