Hadiri FASI Sulut Periode 2021-2025, Ini Kata Olly Dondokambey

0
61
(foto google)

TNews, SULUT – Pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulawesi Utara Periode 2021-2025 resmi dilantik, Senin (21/3/2022) di Grand Kawanua Internasional City Novotel Manado.

Adapun pengurus yang terpilih, diketuai Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo.

Pelantikan tersebut disaksikan secara langsung Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

“Kegiatan FASI dari sebelumnya telah berjalan dengan baik. Sehingga, diharapkan setelah tahun 2022, pengurus FASIDA Sulut sudah dapat menyusun agenda kegiatan olahraga dirgantara yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19,” ujar Olly Dondokambey.

Pemprov Sulut, menurut Olly, mendukung penuh adanya regenerasi olahraga dirgantara agar tetap jaya di Sulawesi Utara.

Olehnya pemerintah siap membackup penuh setiap event yang digelar FASI Sulut baik di tingkat nasional bahkan internasional.

“Kami pemerintah sangat mengharapkan kegiatan olahraga dirgantara ini dapat berjalan terus, di Sulawesi Utara. Pemerintah pasti akan mensupport penuh, semua kegiatan yang diselenggarakan oleh FASI, baik nasional maupun internasional,” ujar Gubernur Olly.

Pengurus FASI Sulut dilantik Ketua Harian PB FASI yang merupakan Asisten Potensi Dirgantara Angkatan Udara (Aspotdirga) Kasau Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto, disaksikan Sekjen FASI Marsda TNI Fajar Adriyanto, Kabid Prestasi FASI Marsma TNI Rolland Waha, serta Ketua Komite Aeromodeling Arya Sidharta.

Pada pelantikan tersebut, Budiarto membacakan janji prasetia Pengurus FASI Sulut.

“Pelantikan yang ditandai dengan pengucapan janji Prasetia adalah bukti kebulatan tekad dan semangat Pengurus FASI Provinsi Sulut untuk membina dan memajukan olahraga dirgantara,” kata Marsda TNI Bowo Budiarto.

Dikatakan Budiarto, dalam waktu dekat ini, Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah World Beach Games 2023, rencananya dilaksanakan di Manado.

PB FASI juga sedang mengusulkan kepada Komite Olimpiade Indonesia, agar Paralayang dapat dilombakan dalam even besar tersebut.

Sementara pada tahun 2024, Indonesia akan melaksanakan PON XXI/ 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

“Harapannya, olahraga dirgantara yang dipertandingkan pada PON XXI/ 2024 akan bertambah satu cabang olahraga yakni Paramotor,” ujarnya.

Di sisi lain, kabar baik diperoleh dari Kejuaraan Nasional Paragliding Troi Indonesia Air Force Cup 2022 yang digelar di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Palu.

Dalam perlombaan Paralayang tersebut Provinsi Sulawesi Utara meraih prestasi juara pertama dalam Kategori Ketepatan Mendarat Tandem atas nama Andrew Yehezkiel Wauran dan Marcel.

Sebelumnya, DR Joy Rattu, mewakili Ketua KONI Sulut, Steven Kandouw Wagub Sulut, dalam sambutan lisannya sempat menjelaskan sejarah organisasi FASI, sebagai satu organisasi unik dibandingkan dengan organisasi olahraga lainnya.

“FASI menjadi unik karena merupakan induk olahraga dengan delapan cabang olahraga antara lain paralayang, terjun payung, aeromodelling, gantole, paramotor dan lainnya,” kata Rattu.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.