Tak Diragukan Lagi Kiprah dan Pengaruhnya, Olly Disebut Bakal Mengisi Kabinet Jokowi

0
1279
olly dondokambey

TNews, SULUT – Reshuffle Kabinet Presiden Joko Widodo masih jadi isu hangat. Publik masih menanti langkah Jokowi. Informasi berkembang, reshuffle bakal dihelat Rabu (28/4/2021) ini. Olly Dondokambey, Gubernur Sulut disebut-sebut bakal mengisi kabinet Jokowi, namun belakangan informasi diperoleh, Rabu siang ini Olly akan kembali ke Provinsi Sulawesi Utara. Gubernur Olly berencana bakal meresmikan Hotel Luwansa, Hotel baru di Kota Manado, terletak di Jalan Pumorow. Agenda peresmian Hotel tersebut sudah disusun oleh Protokol Pemprov Sulut. Peresmian akan dilakukan Pukul 13.00 WITA. Olly pun sejak Kamis pekan lalu sudah bertolak ke Jakarta, namun hingga Selasa (27/4/2021) masih berada di Jakarta. Spekulasi berkembang Olly menanti keputusan Jokowi bakal mengisi pos kabinet.

Rabu Keramat

Akankah Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, melalui Rabu ‘Keramat’? Hari di mana Presiden Joko Widodo kerap kali mereshuffle kabinetnya. Jokowi punya track record melakukan reshuffle di Hari Rabu, khususnya sesuai penanggalan Jawa yakni Rabu Pon. Nama Olly Dondokambey satu di antara yang sering disebut-sebut masuk kabinet Jokowi. Spekulasi pun berkembang, Olly menanti nasib melalui Rabu Keramat, atau Rabu (28/4/2020). Meski sesuai penanggalan Kalender Jawa, bukan Rabu Pon, melainkan Rabu Wage. Apa Olly akan masuk kabinet Jokowi atau tetap menjabat Gubernur.

Jelang reshuffle, informasi berkembang, Olly berpeluang menjabat Menteri Investasi dan Penanaman Modal Asing, atau Menteri Perhubungan. Namun mengemuka juga peluang menjabat Menteri BUMN dan Menteri Pertahanan Keamanan. “Semua tergantung dari pak Presiden Jokowi yang akan menentukan,” ungkap sumber.

Jangan Menteri

Sosok Olly Dondokambey tak diragukan lagi kiprah dan pengaruhnya di kancah politik nasional. Pengamat Politik Sulut, DR Alfons Kimbal mengungkapkan, sudah tak heran jika naman Gubernur Sulut ini disebut-sebut bakal jadi menteri di Kabinet Joko Widodo Di satu sisi, akan menjadi kebanggaan Sulut, ada tokoh Bumi Nyiur Melambai menjadi menteri. Tapi di sisi lain, banyak aspirasi masyarakat juga menginginkan Olly menyelesaikan amanat rakyat tetap menjabat Gubernur Sulut hingga 2024 “Wajar jika masyarakat tetap menginginkan beliau menjadi Gubernur, kinerja Pak Olly luar biasa, buktinya Olly bisa menang telak di Pilgub 2020, lalu,” katanya.

Namun di sisi lain hak prerogatif Presiden untuk menunjuk menteri yang akan mengisi pos kabinet. Olly pun termasuk sosok yang dekat dengan Jokowi. Bisa dilihat apa saja diminta Sulut, selalu dipenuhi pemeintahan Presiden Jokowi. Jika Olly terpilih nanti, maka sudah sewajarnya Presiden mencari kader terbaik. Andai skenario ini terjadi, maka tinggal tergantung Olly sendiri, apa ingin memenuhi permintaan Jokowi, atau tetap menjadi Gubernur hingga akhir periode.

 

Sumber : tribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.