Wali Kota Tomohon Tegaskan ASN Harus Bekerja Profesional

0
107
Caroll Senduk (foto google)

TNews, SULUT – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH mengarapkan agar jajarannya sebagai Aparatur Sipil Negara dapat memiliki kualitas yang handal, profesional dan berdaya saing yang kuat.

Hal itu disampaikannya pada agenda pegnambilan sumah janji serta saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada sejumlah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon, Kamis (7/4/2022) kemarin di Aula Rumah Dinas Wali Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, Wali Kota Caroll Senduk mengatakan bahwa pemberian SK tersebut merupakan salah satu langkah Pemkot Tomohon untuk mewujudkan Kota Tomohon yang lebih maju lagi, berdaya saing dan sejahtera.

“Untuk hal tersebut maka dibutuhkan langkah-langkah strategis serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Salah satu komponen penting yang dimaksud adalah Aparatur Sipil Negara yang handal, profesional dan berdaya saing,” ungkap Wali Kota Caroll Senduk.

Ditambahkannya, Pemkot Tomohon sendiri masih membutuhkan ASN dengan mengisi formasi melalui perekrutan ASN maupun tenaga kontrak.

Dalam perencanaan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil telah dilaksanakan lewat penyusunan analisis jabatan.

Adapun analisis beban kerja yang telah disusun oleh perangkat daerah dan diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia untuk mendapatkan formasi Aparatur Sipil Negara, namun dalam pelaksanaannya formasi yang didapatkan belum mencukupi pemenuhan kebutuhan ASN.

Pemerintah Kota Tomohon tetap melakukan usulan kebutuhan Aparatur Sipil Negara dan masih menunggu persetujuan formasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Hari ini kita telah menyaksikan penyerahan SK Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil sejumlah 21 orang yang terdiri dari 19 PNS Golongan III dan 2 orang PNS Golongan II yang telah melalui masa percobaan sebagai calon Pegawai Negeri Sipil terhitung mulai tanggal 1 desember 2020 serta telah melalui pelatihan dasar sebagai PNS,” kata Wali Kota Caroll Senduk.

Diharapkannya sekaligus mengingatkan agar PNS yang baru diangkat untuk bekerja secara jujur, berintegritas dan terus meningkatkan kemampuan individu masing-masing sesuai dengan jabatan yang diemban, kaidah dan norma yang berlaku serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tetap mengedepankan loyalitas, meningkatkan kemampuan manajerial, membangun teamwork dan hindari perbuatan-perbuatan tercela yang dapat menghambat karier saudara-saudara. Yang paling utama adalah kemampuan saudara-saudara untuk dapat menjalankan Visi dan Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” harapnya.

Adapun sumpah dan janji yang diucapkan bukan hanya sebagai pelaksanaan dari aturan namun perlu diingat bahwa hal itu ucapkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dimaknai sebagai pegangan atau dasar untuk melakukan tindakan maupun pengambilan keputusan dalam menjalankan tugas.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala BKPSDM Daerah Kota Tomohon Josias Makalew, S.Pt, Rohaniwan Pst. Alfianus Windy Tangkuman, Pr, Pdt. Nency Aprilia Heydemans, S.Th, M.Si, Ust. Abussalam, jajaran pemerintah kota Tomohon dan para Pegawai negeri Sipil yang baru menerima Surat Keputusan.

 

Sumber : beritamanado

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.