Tugu Perbatasan Bolmong-Bolmut dibangun Tahun 2021 Mendatang

0
304
Muhammad Arif.

TNews, BOLMONG — Tugu perbatasan antara Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan dibangun Tahun 2021 mendatang.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Bolmong Muhammad Arif, Minggu (06/12/2020).

Menurut Arif, dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran (TA) 2021, merencanakan pembangunan tugu perbatasan antara di Desa Pangi, Kecamatan Sang Tombolang. Dari usulan anggaran pembangunan tugu tersebut, Pemkab mengalokasikan sebesar Rp 250 juta. Nantinya, pembangunan tugu tersebut akan dihiasi dengan ciri khas dan nuansa adat Mongondow.

“Sejauh ini anggaran yang kita usulkan tercatat ada Rp 250 juta. Anggaran itu dimaksudkan untuk pembangunan tugu perbatasan antara Kabupaten Bolmong dan Bolmut,” katanya.

Namun, sebelum proses pembangunan dilangsungkan pada tahun 2021 mendatang, Arif menyebut pihaknya masih akan melakukan survei titik pembangunan. Selain itu, akan dilakukan koordinasi dengan Pemkab Bolmut untuk mendapatkan kesepahaman dalam rangka pembangunan tersebut.

“Tetapi, sebelum memasuki pelaksanaan pembangunan, kita akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Bolmut. Apalagi kita berada di daerah yang kental dengan tradisi bobahasaannya. Oleh karena itu, kita pastikan proses pembangunan akan dikoordinasikan dengan seluruh pihak,” tuturnya.

Sementara itu, Pemkab Bolmong memilih pembangunan tugu di perbatasan Bolmong dan Bolmut karena untuk tugu yang ada di perbatasan Bolmong dan Minsel masih dalam kondisi yang bagus. Sehingga, dilakukan pembangunan tugu baru dengan daerah lainnya.

“Kalau untuk tugu batas dengan Minsel itu tinggal dilakukan pemeliharaan. Selanjutnya, perbatasan dengan daerah tetangga lainnya juga kita prioritaskan namun memperhatikan ketersediaan anggaran pemerintah daerah,” pungkas Arif.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.