Pohuwato Kondusif, Sejumlah Pelaku Pembakaran Ditangkap

0
73

TNews, POHUWATO GORONTALO – Tragadi pembakaran Kantor Bupati Pohuwato dan pengrusakan Gedung DPRD Kabupaten Pohuwato pada Kamis 21 September 2023 kemarin, telah ditangani Polda Gorontalo. Sejumlah pelaku sudah diamankan pihak kepolisian.

“Infonya ada diamankan, tapi jumlahnya belum saya tahu,” kata Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Desmont Harjendro.

Desmont menerangkan sejumlah orang yang diamankan saat ini akan dilakukan pemeriksaan terkait pembakaran dan perusakan di kantor milik pemerintah tersebut saat berunjuk rasa.

“Yang kita amankan kita cek dulu, dia sebagai apa nanti kita dalami dulu,” ujarnya.

Aksi unjuk rasa warga tersebut, kata Desmont berlangsung di beberapa titik di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Sehingga pihaknya telah mengantisipasi dengan mengerahkan ratusan personil.

“4 titik lokasi aksi dengan dikerahkan 750 anggota,” bebernya.

Aksi unjuk rasa tersebut bermula ketika warga mendatangi kantor perusahaan pertambangan, kemudian di kantor itu massa melakukan perusakan setelah tidak pihak yang dapat menemui para pengunjuk rasa.

Setelah itu, warga beralih ke kantor DPRD berharap pihak anggota dewan dapat mendengarkan dan memberikan solusi atas tuntutan mereka yang meminta ganti rugi lahan. Namun, pimpinan DPRD Pohuwato tidak berada di tempat sehingga massa emosi dan melakukan perusakan.

Kemudian massa akhirnya ke kantor Bupati Pohuwato untuk menyampaikan aspirasi mereka dan berharap dapat bertemu dengan bupati. Tapi, lagi-lagi massa tidak bertemu dengan Bupati Pohuwato sehingga massa emosi lalu melakukan perusakan hingga membakar kantor bupati.

Kobaran api pun mulai terlihat di kantor bupati dan semakin membesar akibat hembusan angin yang kencang. Pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat pun berusaha memadamkan kobaran api.

Sementara itu, Mabes Polri menyatakan situasi di Pohuwato, Gorontalo, sudah kondusif usai demonstrasi menuntut ganti rugi lahan ke perusahaan tambang emas berakhir ricuh.

“Tadi dapat laporan, situasi terkini di Gorontalo sudah kondusif,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho di kawasan JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis.

Sandi berharap semua pihak bisa menahan emosi. Dia mengatakan semua pihak di Pohuwato harus mengedepankan komunikasi dan mediasi.

Reporter : Alwi Kakoe

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.