Virus Corona di Negara Ini Nyaris 10 Ribu Kasus Perhari

0
216

TNews, INTERNASIONAL – India melaporkan nyaris 10 ribu kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Lonjakan kasus terjadi saat pemerintah India mulai membuka kembali restoran, mal dan tempat ibadah setelah lockdown selama dua bulan terakhir.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (11/6/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan bahwa 9.985 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir.

Dengan tambahan itu, total kasus virus Corona di India kini mencapai 276.583 kasus. Angka ini tercatat sebagai total kasus tertinggi kelima di dunia, setelah Amerika Serikat (AS), Brasil, Rusia, dan Inggris.

Dalam laporannya, Kementerian Kesehatan India juga mengumumkan tambahan 274 kematian dalam sehari. Total kematian akibat virus Corona di India kini mencapai 7.745 orang.

Total kasus dan total kematian yang sebenarnya, sama seperti di beberapa negara lainnya, diyakini jauh lebih tinggi karena sejumlah faktor, termasuk masih terbatasnya kemampuan tes Corona di India.

Kementerian Kesehatan India menyatakan pihaknya meningkatkan kapasitas tes Corona harian, dengan lebih dari 145 ribu orang kini diperiksa setiap harinya. Hingga Rabu (10/6) waktu setempat, dilaporkan sudah lebih dari 5 juta tes Corona yang dilakukan di negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa ini.

Wilayah Maharashtra, Tamil Nadu dan New Delhi tercatat sebagai wilayah yang terdampak virus Corona paling parah di India. Dengan 90.787 kasus Corona tercatat di Maharastra yang menjadi lokasi kota Mumbai, 34.914 kasus Corona di Tamil Nadu dengan ibu kotanya Chennai dan 31.309 kasus di New Delhi.

Kenaikan kasus Corona di India ini terjadi saat pemerintah India memutuskan untuk membuka kembali restoran-restoran, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah. Pemerintah juga telah memulihkan sebagian layanan kereta dan penerbangan domestik, serta memperbolehkan pertokoan dan pabrik untuk buka kembali. Layanan kereta tanah, hotel dan sekolah serta universitas masih ditutup secara nasional.

Disebutkan Kementerian Kesehatan India bahwa total pasien virus Corona yang sembuh jumlahnya melebihi kasus aktif untuk pertama kalinya, dengan angka kesembuhan nyaris 49 persen. Data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) melaporkan bahwa 135.206 pasien dinyatakan sembuh virus Corona di India.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.