5 Buah & Sayuran Ini Ternyata Mengandung Racun Alami Sianida

0
4034

TNews, KESEHATAN – Tahukah anda makanan sehat ini ternyata mengandung sianida alami? Maraknya bahan makanan yang mengandung sianida seperti buah dan sayuran membuat kita perlu ekstra selektif dalam memilih bahan makanan. Meski biasanya jumlahnya tak begitu banyak dan timbul secara alami, akan tetapi jika dikonsumsi dengan skala tinggi, tentu jadi berbahaya bagi tubuh. Parahnya lagi bisa menyebabkan kematian.

Berikut ini adalah berbagai bahan makanan yang mengandung sianida secara alami, yaitu:

1.Tomat                                                                                      Meskipun tomat dapat dimakan mentah, sebuah studi oleh para ilmuwan Cornell University menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan dari tomat yang dimasak lebih tinggi dari pada tomat yang tidak dimasak. Ini menunjukkan bahwa untuk mendapatkan lebih banyak manfaat dari tomat, mereka harus dimasak sebelum makan. Tomat peringkat nomor 10 sebagai salah satu sayuran dengan residu pestisida, sehingga mereka harus dicuci terlebih dahulu. Batang, daun, dan tomat mentah beracun dan tidak boleh dimakan.

2. Apel                                                                                            Salah satu buah yang paling sering kita konsumsi ini ternyata mengandung sianida. Tapi, jangan takut. Sianida pada buah apel hanya ada di dalam bijinya. Konsentrasinya juga tidak begitu besar, yaitu hanya sekitar 0,49 miligram per biji buah. Jika berat badan Anda 60 kilogram saja, maka akan butuh sekitar 100 biji buah apel untuk membunuh Anda.

So, jangan sampai Anda memakan biji-biji apel tersebut ya.

3. Singkong                                                                                    Singkong miliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui, singkong memiliki peluang menghasilkan sianida. Hal itu lantaran karena kandungan alami linamarin dan lotaustralin di dalamnya. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), salah satu hasil dari proses hidrolisis kedua kandungan tersebut adalah aseton sianohidrin. Dalam kondisi netral, aseton sianohidrin akan didekomposisi menjadi aseton dan sianida. Akan tetapi, zat ini dapat dihindari dengan memilih singkong yang bersih dari bercak-bercak kebiruan.

4. Rebung                                                                            Apakah Anda penyuka rebung? Pastikan untuk mengolahnya    dengan benar. Pasalnya, rebung mengandung taksifilin, zat yang  dapat diubah menjadi sianida di dalam tubuh. Jumlah sianida dalam  rebung cukup bervariasi. Dalam 1 kilogram rebung basah dapat  mengandung 39 hingga 434 miligram sianida. Oleh karena itu,  jangan lupa untuk mengolah rebung dengan seksama. Selain  menghilangkan kandungan racun, rebung juga tidak akan berbau  pesing.

5. Bayam                                                                                        Kata Orang Bayam yang Dihangatkan Bisa Jadi Racun! Beneran?      Meski bayam adalah sayuran yang menyehatkan dan bergizi,            ternyata bayam mengandung sedikit zat sianida, lho. Biasanya    sianida terdapat pada bayam yang belum diolah, alias mentah.      Akan tetapi karena jumlahnya juga tidak terlalu besar,                  memasaknya adalah cara terbaik untuk menghilangkan kadar    sianida pada bayam tersebut.

Itulah lima bahan makanan yang mengandung sianida dan sering kita konsumsi. Namun, karena kandungan sianidanya tidak begitu besar, Anda pun tak perlu cemas. Ingatlah, bahwa besar atau tidaknya manfaat makanan yakni dengan bagaimana kita mengolahnya.

Sumber : tribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.