9 Opsi Menu Sehat dan Lezat yang Dapat Disiapkan untuk Merayakan Lebaran di Rumah

0
50
Gambar: 9 Opsi menu sehat dan lezat yang dapat disiapkan untuk merayakan Lebaran di Rumah.

TNews, KESEHATAN – Lebaran sudah semakin dekat dan sebagai tuan rumah, pastinya kita ingin menyajikan hidangan yang lezat dan sehat untuk keluarga dan tamu yang datang berkunjung. Tapi, bagaimana caranya agar hidangan lebaran tetap lezat namun tidak merusak pola makan sehat? Berikut adalah 9 menu Lebaran sehat nan lezat yang bisa Kamu sajikan di rumah.

Pilihan menu Lebaran sehat yang bisa dicoba di rumah

Melewatkan rendang, opor ayam, sayur labu, hingga sambal goreng hati sapi untuk Lebaran tentunya sangat disayangkan.

Meski bisa memakannya pada hari lain, euforia yang muncul saat menyantapnya bersama dengan keluarga di hari Idul Fitri jelas berbeda.

Meski begitu, sebaiknya batasi diri Kamu untuk makan makanan bersantan terlalu banyak. Selain berat badan naik setelah Lebaran, kadar kolesterol juga bisa ikut naik.

Agar tak bosan dan tetap sehat, ada berbagai cara dan inspirasi menu Lebaran yang bisa Kamu coba untuk hari raya esok, di antaranya:

  1. Daging tanpa lemak

Daging memang tak bisa lepas dari menu Lebaran. Agar tetap sehat, Kamu bisa menyiasatinya dengan memilih daging tanpa lemak untuk hidangan Lebaran.

Daging berlemak biasanya mengandung lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika kadar kolesterol meningkat, risiko penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) juga ikut meninggi.

Itu sebabnya pilihlah potongan daging yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit. Kalau memungkinkan, pilihlah yang tanpa lemak.

  1. Sup

Setelah memilih daging tanpa lemak, Kamu mungkin bisa mempertimbangkan membuat sup untuk hidangan Lebaran sehingga asupan santan berkurang.

Makanan bersantan biasanya mengandung lebih banyak lemak. Bahaya santan ini juga dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dalam tubuh.

Selain mengurangi santan, berikut adalah beberapa manfaat makan sup lainnya.

  • Menambah asupan serat
  • Mencegah dehidrasi
  • Meningkatkan asupan protein.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Kamu bisa menambahkan berbagai macam sayuran, seperti wortel, buncis, kentang, dan bawang bombay.

  1. Ikan tim

Meski identik dengan ayam dan daging, tak ada salahnya jika Kamu menyajikan menu ikan saat hari raya.

Terdapat banyak manfaat ikan bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah sumber protein tinggi, kaya asam lemak omega-3, dan rendah lemak jenuh. Ini menjadikan ikan cocok untuk dihidangkan pada hari raya.

Tak hanya digoreng, memilih ikan kukus juga menambah nilai kesehatan yang Kamu dapatkan. Sebab, Kamu tidak akan menambah asupan minyak (lemak) yang masuk.

  1. Sate

Selain sup dan kukus, Kamu juga bisa mencoba mengolah makanan dengan cara dibakar seperti sate. Ini bisa menjadi alternatif makanan Lebaran yang biasanya kaya santan dan lemak.

Meski demikian, pastikan Kamu membakar daging atau ayam dengan cara yang benar.

Sebagaimana dilansir dari Harvard Medical School, daging yang dibakar dengan suhu tinggi dapat menciptakan senyawa yang bersifat karsinogen alias memicu kanker.

Sebaiknya, bakarlah daging untuk waktu yang lebih lama dengan suhu yang lebih rendah.

  1. Salad sayur

Kehadiran sayur mungkin jarang terlihat saat hari raya. Namun, Kamu tetap membutuhkan sayur untuk mencegah masalah pencernaan saat Lebaran yang kerap menjadi keluhan.

Kamu bisa menghidangkan salad sayur sebagai opsi. Selain sebagai makanan pembuka, salad sayur bisa menjadi pilihan yang tepat usai makan makanan bersantan karena cita rasanya yang cenderung lebih ringan.

Kamu bisa memasukkan selada, bayam, tomat, brokoli, paprika ke dalam salad Lebaran Kamu. Pastikan Kamu melengkapinya dengan saus dressing yang sehat, misalnya minyak zaitun.

  1. Roti gandum

Selain rendang dan opor ayam, kue kering juga tak ketinggalan menghiasi meja makan kala Idul Fitri. Kue kering umumnya tinggi kalori dan gula sehingga konsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko obesitas.

Jika Kamu hendak mencari alternatifnya, roti gandum bisa menjadi pilihan. Roti gandum umumnya rendah karbohidrat dan lemak. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya juga dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Kamu.

  1. Kurma

Masih memiliki stok kurma selepas puasa? Tak perlu repot-repot mengolahnya menjadi kue kering Lebaran. Pasalnya, buah kurma itu sendiri sudah memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat.

Kurma memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Kurma juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Artinya, buah ini mampu melepaskan kadar gula ke dalam darah secara perlahan sehingga glukosa darah tidak melonjak secara tiba-tiba.

  1. Buah-buahan

Selain menyehatkan, Kamu juga bisa menyajikan buah-buahan sebagai menu dessert Lebaran. Umumnya, buah-buahan mengandung banyak vitamin dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan makan buah, Kamu juga dapat mengontrol porsi makan ketika Lebaran agar tidak berlebihan.

  1. Jus

Selain buah utuh, jus juga bisa Kamu pertimbangkan sebagai menu minuman sehat di kala Idul Fitri. Kamu bisa mengombinasikan beberapa buah dan sayur sekaligus untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Namun, pastikan Kamu tidak memasukkan gula tambahan ke dalamnya supaya tetap sehat.

Menu Lebaran sehat bukan berarti tidak bisa nikmat. Yang terpenting adalah memilih bahan yang terbaik dan memperhatikan cara memasaknya.

Kamu juga mungkin bisa mempertimbangkan pengganti santan yang lebih rendah lemak saat memasak hidangan Lebaran.*

Sumber: sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.