Awas! Makan Terburu-buru Bisa Ganggu Irama Sirkadian Tubuh

0
26

TNews, KESEHATAN – Di tengah aktivitas yang sibuk, sarapan terkadang dilakukan secara terburu-buru. Padahal, sarapan terburu-buru bisa mengganggu jam sirkadian tubuh. Sarapan berperan penting sebagai pengisi daya energi untuk beraktivitas seharian. Anda disarankan untuk bangun lebih pagi agar sarapan tidak terburu-buru. “Sarapan buru-buru akan mengganggu irama sirkadian,” ujar Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Profesor Hardinsyah, Rabu (2/6), melansir Antara. Tubuh memiliki ‘jam’ tersendiri yang mengatur irama sirkadian. Nama terakhir merupakan sistem internal tubuh yang mengatur banyak hal, mulai dari siklus tidur hingga pencernaan.

Hardinsyah mengatakan, sarapan terburu-buru tak baik dilakukan saat tubuh belum siap. Dalam hal ini, tubuh belum siap karena saluran pencernaan yang belum ‘pemanasan’ dipaksa untuk bekerja keras. “Atur waktu sarapan dengan cara bangun pagi,” ujar Hardinsyah. Selain itu, Hardinsyah juga menegaskan pentingnya memperhatikan asupan saat sarapan. Pada pagi hari, insulin dalam tubuh mulai aktif sehingga makanan yang disantap saat sarapan cepat diubah menjadi bahan bakar. Tak hanya itu, sarapan juga bisa menurunkan risiko kegemukan. Sejumlah penelitian menemukan, risiko kelebihan berat badan justru meningkat saat seseorang melewatkan sarapan lebih dari tiga kali dalam sepekan.

Perlu diingat pula bahwa sarapan bergizi harus dibarengi dengan tidur malam yang berkualitas dan teratur. Dengan cara demikian, pola hidup sehat bisa tercipta dengan mengikuti irama sirkadian yang telah terbentuk. Tidur yang terganggu juga bisa membuat seseorang tak mendapatkan nafsu makan di pagi hari. Ada pula beberapa orang yang merasa lapar sehingga makan terlalu banyak. Keduanya bisa mengganggu irama sirkadian. “Kita dapat menikmati pagi bila tidur cukup dan nyaman. Tidur tidak cukup dan nyaman berisiko penyakit,” kata Hardinsyah.

 

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.