Bukan Tanda Perawan, Ini Fungsi dari Selaput Darah

0
1724

TNews, SEHAT – Selaput dara atau hymen kerap kali dikaitkan dengan keperawanan wanita. Tetapi, sebenarnya apakah itu selaput dara dan bagaimana fungsinya?

Dokter kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG, mengatakan selaput dara diibaratkan sebagai gerbang masuk ke dalam vagina.

“Selaput dara itu adalah gerbang depan masuknya vagina. Biasa orang mengaitkannya dengan tanda keperawanan perempuan,” kata dr Dinda kepada detikcom, Kamis (21/5/2020).

“Padahal kembali lagi dari terminologi (istilah) perawan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang namanya perawan adalah orang yang belum pernah berhubungan seksual,” lanjutnya.

dr Dinda menjelaskan tidak ada fungsi khusus dari selaput dara, dan bila rusak pun tidak akan memiliki dampak apa-apa terhadap wanita.

“Selaput dara nggak ada fungsi pasti, dan hanya sebagai gerbang saja,” jelasnya.

Hal ini dikaitkan karena selebgram Sarah Salsabila sebelumnya sempat ingin melelang keperawanan miliknya untuk menggalang dana terkait virus Corona COVID-19. Tetapi, ia meminta maaf atas pro-kontra yang terjadi.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.