Golongan Darah O Disebut Lebih ‘Kebal’ Corona, Ini Fakta-faktanya

0
241

TNews, SEHAT – Sebuah studi bikin heboh karena menyebut golongan darah O lebih aman dari Corona. Studi yang dilakukan sebuah perusahaan bioteknologi 23andMe, California menemukan golongan darah tipe O lebih bisa melindungi diri dari SARS-CoV-2.

Selain disebut lebih aman dari Corona, golongan darah O ternyata punya banyak keunikan. Berbagai riset sebelumnya telah banyak mengungkap perbedaannya dengan golongan darah lain.

Dirangkum detikcom, berikut beberapa fakta unik golongan darah O:

  1. Sempat disebut golongan darah terbanyak di dunia

Golongan darah di setiap negara berbeda-beda tergantung dari etnis yang mendominasinya. Namun, secara umum golongan darah O diketahui menjadi yang terbanyak di dunia. Sebuah riset beberapa waktu lalu pernah mengungkap terdapat 35-40 persen orang di dunia memiliki golongan darah O rhesus positif atau O+.

  1. Memiliki risiko pembekuan darah yang rendah

Golongan darah O diketahui memiliki jumlah protein yang lebih rendah dalam membantu pembekuan darah. Hal ini berarti lebih kecil kemungkinan untuk mengidap pembekuan darah. Meskipun begitu, golongan darah O tidak menjamin seseorang terhindar dari pembekuan darah.

  1. Lebih rentan digigit nyamuk

Seorang ahli entomologi medis asal University of Florida Dr Jonathan Day menyebut orang yang memiliki golongan darah O lebih rentan digigit nyamuk. Sebab, orang dengan golongan darah O mengeluarkan bahan kimia dari kulit yang dapat menarik nyamuk.

“Beberapa orang memproduksi lebih banyak bahan kimia tertentu di kulitnya. Dan beberapa dari bahan kimia tersebut, seperti asam laktat, menarik untuk nyamuk. Ada juga bukti bahwa satu golongan darah O menarik nyamuk lebih banyak daripada yang lain (A atau B),” katanya.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.