Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua

0
346

TNews, KESEHATAN – Tetap awet muda dan sehat mungkin telah menjadi dambaan sebagian besar orang. Tujuannya tidak hanya untuk hidup lebih lama, tetapi juga memperpanjang tahun untuk hidup sehat. Yang patut disadari bahwa penuaan memang tidak bisa dihindari. Hanya saja, Anda dapat mencegah proses ‘penuaan’ lebih cepat terjadi. Menurut Stephen Anton, ahli dari Institute on Aging di Department of Aging & Geriatric Research di University of Florida Health, bahwa itu dapat diwujudkan dengan memadukan antara kesehatan, kebahagiaan, dan kualitas hidup yang baik. Meskipun ada komponen genetik pada penuaan, cara Anda hidup juga penting. “Sangat jelas bahwa ada kebiasaan tertentu yang dapat memperpendek umur kita,” kata Anton.

Berikut lima kebiasaan yang membuat diri cepat tua, seperti dikutip LiveStrong.

  1. Terlalu banyak duduk

Tidak banyak bergerak merupakan faktor risiko sejumlah penyakit. Menurut Anton, aktif bergerak memiliki pengaruh penting pada kesehatan. Oleh karenanya, ia menyarankan untuk berjalan-jalan selama beberapa menit setiap jam. Spesialis geriatrik di Keck Medicine of USC di Los Angeles, Carolyn Kaloostian menambahkan bahwa faktor terpenting dalam penuaan dengan baik adalah olahraga. “Ini membantu menjaga ketahanan. Ketahanan itulah yang membuat kita tidak menua,” katanya.

  1. Terlalu banyak makan junkfood

Menurut Kaloostian, kandungan natrium dalam makanan junkfood mengacu pada risiko penyakit kronis seperti hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karenanya, dia merekomendasikan untuk menyantap makanan buatan sendiri demi menghindari natrium tersembunyi yang terkemas dalam makanan restoran atau junkfood.

  1. Melewatkan sayuran

Anda mungkin sudah berulang kali mendengar anjuran untuk makan lebih banyak sayuran. Anjuran itu benar adanya. Pasalnya, melewatkan sayuran akan merugikan kesehatan Anda. “Dasar kesehatan Anda adalah makanan [yang Anda makan],” kata Kimberly Gomer, ahli nutrisi di Pritikin Longevity Center + Spa di Miami. Dia mengungkapkan bahwa pola makan nabati yang kaya sayuran menyediakan banyak serat – nutrisi anti kanker yang sehat untuk jantung, pengatur insulin – dan vitamin, mineral, dan fitonutrien pelindung. Dan jika Anda sudah kenyang dengan sayuran, Anda juga tidak mengonsumsi jenis makanan olahan yang tinggi gula, garam, dan lemak yang memicu peradangan penyebab penyakit.

  1. Begadang dan makan terlambat

“Tidur memulihkan pikiran dan tubuh dengan membiarkan sel-sel memperbaiki dan meremajakan,” kata Anton. “Sangat penting untuk kesehatan, setara dengan diet sehat dan aktivitas fisik. Ini adalah tiga faktor utama untuk penuaan,” katanya. Setiap orang membutuhkan jumlah waktu tidur yang berbeda, tetapi rekomendasi umum adalah menutup mata setidaknya tujuh jam setiap malam. Kuncinya adalah Anda harus bangun dengan perasaan sudah cukup istirahat. Terakhir, hindari makan makanan berkalori tinggi, tinggi lemak dan tinggi gula atau minum banyak alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur.

“Perilaku tersebut mengganggu tidur dan mengganggu kemampuan tubuh untuk melalui proses kontrol kualitas sel yang penting,” kata Anton. Proses tersebut adalah saat sel mengeluarkan limbah berupa racun atau sel yang rusak sehingga dapat memperbaiki dan meremajakan agar dapat berfungsi secara lebih sehat.

  1. Minum banyak alkohol

“Konsumsi alkohol yang berlebihan dan kronis berdampak signifikan pada penuaan. Ini berdampak pada nutrisi dengan kekurangan tiamin (vitamin B1) dan nutrisi lain untuk kesehatan otak dan jantung,” kata Kaloostian. Terlebih lagi, alkohol berlebihan juga membanjiri hati dan sumsum tulang Anda dengan racun yang merusak organ dan sistem kekebalan Anda, katanya.

 

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.