Ini Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat pada Anak

0
152

TNews, KESEHATAN – Menghadapi cuaca tak menentu yang terkadang panas dan tiba-tiba hujan bisa membuat para ibu was-was. Sebab, kondisi cuaca seperti ini tak jarang bisa membuat anak mengalami hidung tersumbat. Saat tak enak badan, anak sering kali mengalami hidung tersumbat yang membuatnya rewel dan tak bersemangat. Hidung tersumbat terjadi saat pembuluh darah dan jaringan di rongga hidung terisi terlalu banyak cairan. Pada bayi dan anak berusia di bawah 3 tahun, hidung tersumbat sering kali tak mudah diatasi sebab mereka belum dapat mengeluarkan lendir (mukus) dari hidungnya sendiri.

Tak semudah orang dewasa, bayi dan anak-anak juga tak lantas dengan mudah dapat meredakan flu dengan mengkonsumsi obat. Meski demikian, Anda tak perlu panik dan khawatir ketika harus menghadapi kondisi ini. Berikut beberapa cara sederhana dari Healthline yang dapat Anda lakukan ketika anak mengalami hidung tersumbat.

Jaga Anak Tetap Terhidrasi

Dehidrasi bisa menjadi masalah serius saat anak sedang pilek terlebih pada bayi di bawah 3 bulan, untuk itu Anda perlu memastikan kebutuhan cairan pada anak terpenuhi meski mereka tidak nafsu untuk makan/minum. Dengan memastikan anak meminum cairan, Anda juga akan membantu mengencerkan sekresi hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Jika anak menolak untuk minum air putih, Anda bisa coba menawarkan minuman lain yang tetap sehat seperti smoothie atau jus untuk anak yang lebih tua. Selain menyehatkan, minuman ini dapat bantu meredakan sakit tenggorokan dan membuat anak Anda tetap terhidrasi. Untuk anak yang lebih menyukai sesuatu yang hangat, sup ayam adalah pilihan lain. Cairan hangat dari sup ini bisa bantu menenangkan saat hidung mereka tersumbat.

Bersihkan Saluran Hidung

Salah satu cara ampuh yang dapat digunakan untuk meredakan hidung tersumbat adalah penggunaan obat sempot hidung, akan tetapi cara ini tidak disarankan penggunaannya untuk anak kecil. Oleh karena itu, orang tua dapat mengakali cara lain untuk menghilangkan hidung tersumbat meski tanpa obat salah satunya dengan menggunakan humidifier di kamar anak. Penggunaan humidifier yang memberikan uap pada anak dapat membantu memecah lendir dan meredakan hidung tersumbat. Dengan cara ini, Anda pun dapat membantu anak lebih rileks dan beristirahat dengan lebih nyaman.

Istirahat Ekstra

Memperbanyak waktu istirahat dapat membantu pemulihan pada penyakit. Untuk itu, Anda dapat mendorong si kecil untuk istirahat sebanyak mungkin agar bisa sembuh. Agar anak dapat beristirahat dengan nyaman, Anda bisa tempatkan mereka di tempat yang nyaman seperti tempat tidurnya, sofa, atau bahkan tempat yang nyaman dengan banyak bantal di lantai. Sebelum tidur, Anda juga bisa mengajak anak mandi air hangat untuk dapat membantu mereka menenangkan dan membuat tubuh mereka lebih rileks.

Atur Posisi Tidur

Berbaring telentang saat tidur dapat memperparah hidung tersumbat pada anak dan mengganggu tidur mereka. Untuk itu Anda bisa bantu mengatur posisi tidur agar si kecil dapat beristirahat dengan lebih nyaman. Caranya mudah, coba letakkan gulungan handuk atau ekstra bantal pada tempat tidur anak. Posisi sedikit tegak ini bisa jadi lebih nyaman daripada berbaring telentang di permukaan, terutama jika hidung anak sedang tersumbat parah.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.