Ini Penyebab Organ Kewanitaan Yang Kering

0
7
ilustrasi

TNews, SEHAT ­- Kondisi organ kewanitaan merupakan sebuah hal yang penting diperhatikan oleh wanita. Bukan saja berpengaruh terhadap kesehatan, namun hal ini juga dapat mempengaruhi kehidupan ranjang.

Walau begitu, kondisi vagina wanita ini jarang sekali menjadi perhatian penting. Biasanya hal ini baru disadari ketika masalah sudah cukup parah.

Kondisi vagina yang terutup menjadikannya rentan menyimpan bakteri yang justru bisa memperburuk kondisi. Salah satu masalah yang rentan dialami adalah kondisi vagina kering.

Normalnya, vagina memiliki kondisi yang lembap dan bukannya kering. Kondisi kering menjadi tanda bahwa vagina tidak dalam kondisi terbaiknya. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang bisa jadi penyebab vagina menjadi kering.

Masalah Ovulasi

Pada saat wanita tengah mengalami ovulasi, normalnya vagina dalam kondisi lembap dan keluar lendir dari vagina. Namun ketika vagina berada dalam kondisi kering, hal ini menjadi tanda bahwa kamu tidak mengalami ovulasi dan tidak dalam kondisi subur.

Penggunaan Sabun Antiseptik

antiseptik rev1

Banyak orang yang menggunakan sabun dengan tujuan untuk membersihkan vagina secara menyeluruh. Namun, ternyata penggunaan hal ini terutama sabun antiseptik bisa menyebabkan vagina menjadi kering.

Masalah Tiroid

Ketika kamu mengalami masalah dengan tiroid, hasrat dan dorongan seksual yang kamu miliki juga bakal menurun. Hal ini kemudian bisa diikuti dengan kondisi vagina yang mengering serta gejala lain seperti rambut rontok, mudah marah, kulit kering, hingga masalah berat badan.

Stres

deretan hal yang bisa jadi biang kerok organ kewanitaan yang kering

Kondisi stres yang menimpa dirimu bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Lebih lanjut, hal ini membuat vagina menjadi kering. Stres juga menyebabkan sekresi hormon kortisol yang menyebabkan vagina menjadi kering.

Rendahnya Tingkat Estrogen

Ketika mengalami kondisi hormon yang tidak seimbang serta estrogen yang menurun, maka vagina juga bakal kering. Kondisi strogen yang rendah ini biasanya bakal terjadi pada saat seseorang menopause.

Hamil dan Melahirkan

melahirkan

Ketika seorang wanita tengah hamil dan kemudian melahirkan, hal ini bisa menyebabkan hormon yang tidak seimbang. Lebih lanjut, kondisi ini bisa menyebabkan vagina menjadi kering.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Konsumsi jenis obat tertentu seperti anti histamin yang bermanfaat untuk mengobati asma bisa membuat vagina kering. Hal ini terjadi karena obat tersebut akan menghentikan sekresi lendir sehingga vagina menjadi kering.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya kondisi vagina yang kering. Walau begitu, ketika hal ini terus-menerus terjadi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait masalahmu.

 

Sumber : merdeka.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.