Kesehatan Pencernaan Mampu Cegah COVID-19

0
102

TNews, SEHAT – Dalam kondisi pandemi virus Corona atau Covid-19, saat ini banyak orang yang merasa tidak aman dan khawatir terinfeksi virus yang telah menelan banyak korban ini. Per 5 April 2020, kasus positif virus corona di Indonesia sudah mencapai 2.273 kasus.

Meskipun beberapa waktu lalu terjadi penurunan kasus baru, tapi masyarakat harus tetap waspada karena jumlah kasus selalu bertambah tiap harinya. Tindakan preventif seperti physical distancing, mencuci tangan dengan sabun, dan mengenakan masker ketika bepergian akan mengurangi risiko penularan.

Selain tindakan pencegahan di atas, sebenarnya masyarakat juga mampu melawan virus yang telah banyak menghancurkan perekonomian suatu negara ini. Caranya yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem struktur dan proses kompleks yang telah berevolusi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Lebih dari 70% kekebalan tubuh terletak di sistem pencernaan usus. Lantaran itu, kesehatan usus menjadi salah satu kunci untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian di Wuhan oleh Xu,Kaijin,et.al (2020) Prime Pubmed dan Slim Hyun-tai (2020)Korea Biomedical Review menyebutkan pada pencernaan yang mengalami disbiosis (ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat) memiliki risiko lebih tinggi terjangkit Covid-19

Saat jumlah probiotik Bifidobacterium dan Lactobacillus di usus menurun, akan menyebabkan ketidakseimbangan di usus (Gut Dybiosis). Hal itu akan menurunkan produksi zat imun tubuh (IgA, CD4+, sel limfosit B dan T, IL-10) oleh probiotik.

Akibatnya, virus yang masuk ke tubuh tidak bisa dibunuh oleh makrofag tubuh. Sehingga terjadi reaksi radang di tubuh, terutama paru-paru, akan menjadi progresif. Akibat yang lebih parah yaitu gejala sesak napas akibat Covid-19 akan memberat dan semakin memburuk serta terjadi penurunan oksigen di seluruh tubuh.

Dari penelitian itu, kita dapat mengetahui bahwa menjaga kesehatan pencernaan khususnya usus mampu membantu manusia menangkal virus corona. Probiotik mampu menjaga kesehatan usus yang otomatis bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup, yang bila diberikan dalam jumlah yang memadai akan memberi manfaat kesehatan pada tubuh. Manfaat probiotik yang mampu tingkatkan daya tahan tubuh akan membuat tubuh tidak mudah terserang virus corona.

Untuk memperoleh probiotik, kamu bisa konsumsi Synbio. Synbio merupakan kapsul sinbiotik(gabungan probiotik dan prebiotik) pertama di Indonesia dengan teknologi pelapisan ProbioACT.

Synbio mengandung multispesies probiotik (bakteri baik) yang diperkaya FOS sebagai prebiotik (makanan probiotik/serat yang dibutuhkan sehari-hari). Teknologi ProbioACT juga akan menjamin probiotik dapat sampai di usus dengan optimal.

Produk impor dari Belanda dengan kualitas internasional ini tidak memiliki rasa sehingga akan cocok untuk konsumen yang tidak menyukai rasa. Dengan Synbio, pencernaan sehat, daya tahan tubuh kuat untuk tangkal virus corona.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.