Mau Beli Masker untuk Cegah Corona? Pastikan Maskernya yang Seperti Ini

0
37

JIKA berniat membeli masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19, pastikan masker tersebut memiliki tiga lapis. Para peneliti kini telah mengimbau kembali agar masyarakat menggunakan masker tiga lapis dan menjabarkan alasan mengapa masker 3 lapis lebih efektif untuk mencegah Corona.

Dikutip dari laman Medical Xpress, peneliti menemukan masker tiga lapis paling efektif dalam menghentikan laju droplet besar dan mencegah partikel kecil melewati pori-pori masker. Masker bedah tiga lapis juga paling efektif dalam menghentikan droplet besar dari batuk atau bersin agar tidak teratomisasi menjadi lebih kecil.

Seperti yang diketahui, droplet besar yang dihasilkan dari batuk bisa menembus jika hanya memakai masker satu atau dua laosi saja sehingga berbentuk menjadi droplet yang lebih kecil dan mudah terhirup. Ini alasan masker 3 lapis lebih baik untuk dipakai terutama jika ingin menghindari droplet penyebab COVID-19.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances pada 5 Maret ini merinci bahwa masker bedah satu lapis hanya membatasi sekitar 30 persen volume droplet, masker dua lapis bekerja lebih baik membatasi sekitar 91 persen volume droplet, sementara masker tiga lapis bisa membatasi droplet hingga 100 persen.

Meski demikian, tim mencatat bahwa masker satu dan dua lapis memang memberikan perlindungan dalam memblokir beberapa volume droplet dan secara signifikan lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali. Mereka berharap temuan mereka tentang ukuran pori masker yang ideal, ketebalan bahan, dan pelapisan dapat digunakan oleh produsen untuk menghasilkan desain masker yang paling efektif.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.