Meski Pakai Masker, Pasien Positif Corona Tak Jamin Putus Penularan Covid-19

0
1207

TNews, SEHAT – Pada Minggu (17/5/2020) seorang pasien positif virus Corona COVID-19 di Kota Bandung diketahui berkeliaran di pasar kaget kawasan Cibiru. Pasar kaget tersebut berada tak jauh dari rumah pasien.

Saat dikonfirmasi, Camat Cibiru Didin Dirkayuana membenarkan kejadian tersebut. Didin menjelaskan bahwa pasien menggunakan masker saat mendatangi pasar kaget.

“Ada satu orang yang memang positif itu dia berkeliaran. Informasi yang datang kepada kami, kemarin dia datang ke pasar kaget,” kata dia saat dikonfirmasi, Senin (18/5/2020).

Dokter paru dari Omni Hospitals Pulomas, dr Frans Abednego Barus, SpP, mengatakan pasien positif Corona yang memakai masker bukan berarti tidak menimbulkan risiko terjadinya penularan.

“Jadi kalau ditanya apakah masih bisa menular? Iya sepanjang dia melakukan dengan baik sih penularannya akan kecil,” ujar dr Frans saat dihubungi detikcom Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, banyak masyarakat masih belum mematuhi pemakaian masker yang benar. Selain itu, penggunaan masker menurut dr Frans, hanya menurunkan risikonya, tidak memutus penularan.

“Pemakaian masker di masyarakat itu kadang-kadang tidak mematuhi pemakaian masker yang benar. Kita tidak pastikan penularan akan terjadi. Kan itu menurunkan risiko penularan, bukan penularannya tidak terjadi,” tambahnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan pemakaian masker yang benar, terlebih bagi orang yang sudah dinyatakan positif Corona. dr Frans pun mengingatkan untuk tetap melakukan isolasi mandiri dan tidak bepergian kemanapun.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.