Terkait Isu Keamanan, Thailand Tunda Vaksinasi AstraZeneca

0
39

TNews, KESEHATAN – Thailand menunda penggunaan vaksin COVID-19 dari AstraZeneca yang dijadwalkan akan dimulai pada Jumat (12/3/2021) dengan alasan masalah keamanan setelah laporan pembekuan darah terjadi pada beberapa orang yang menerima vaksin di Eropa. Thailand adalah negara pertama di Asia yang menangguhkan penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca. Beberapa negara seperti Kanada, Australia, Filipina, Korea Selatan dan Indonesia mengatakan tetap akan melanjutkan vaksinasi COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca.

Dalam konferensi pers kementerian kesehatan, Prasit Watanapa, Dekan Fakultas Kedokteran di Rumah Sakit Siriraj, mengonfirmasi vaksinasi akan ditunda setelah penangguhan inokulasi menggunakan AstraZeneca terjadi di Denmark, Norwegia, dan Islandia. “AstraZeneca masih merupakan vaksin yang bagus tetapi dengan apa yang telah terjadi … kementerian kesehatan berdasarkan nasihat ini ingin menunda penggunaan vaksin AstraZeneca untuk sementara,” kata Kiattiphum Wongjit, sekretaris Kementerian Kesehatan, dikutip dari Reuters.

Sementara itu pihak AstraZeneca mengatakan pada Kamis (11/3/2021) bahwa mereka tidak menemukan bukti peningkatan risiko emboli paru atau trombosis vena yang ditandai dengan pembentukan gumpalan darah, dalam data keamanan bahkan ketika mempertimbangkan subkelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, produksi batch atau negara penggunaan.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.