Wanita Ini Tak Bisa Tidur Selama 40 Tahun

0
260
ilustrasi

TNews, SEHAT ‑ Kasus langka menimpa wanita China yang mengaku tidak bisa tidur selama 40 tahun. Dia benar-benar tidak pernah merasa lelah atau mengantuk.

Tidak seperti aktivitas orang pada umumnya, yang menyempatkan 6 hingga 8 jam untuk tidur. Kisah wanita bernama Li Zhaying yang mengaku tak tidur dalam empat dekade tersebut dikonfirmasi sang suami dan para tetangga di desa tempat ia tinggal, Kabupaten Zhongmou, Provinsi Henan.

Li bak selebriti lokal karena memiliki keunikan mampu terjaga sepanjang hari dan malam. Menurut Bastille Post, Li Zhanying mencari bantuan medis berkali-kali karena kondisinya ini, tetapi dokter tidak pernah menemukan sesuatu yang mencurigakan.

Penjelasan medis

Namun, setelah baru-baru ini mengunjungi pusat medis di Beijing, misteri ‘tak pernah tidur’ yang sudah berlangsung puluhan tahun terpecahkan. Tim dokter menggunakan sensor canggih untuk memantau wanita itu selama 48 jam.

Mereka menemukan bahwa dirinya sebenarnya tidur, hanya saja tidak seperti kebanyakan orang. Data yang dikumpulkan selama pemantauan gelombang otak 48 jam menunjukkan Li memang mendapatkan tidur ringan dan sedang seperti orang biasa, tidak hanya saat berbaring di tempat tidur dengan mata tertutup, tetapi saat berbicara dengan suaminya.

Dikutip dari Euro Weekly News, dokter menggambarkan fenomena ini sebagai ‘tidur ketika terjaga,’ mirip dengan berjalan dalam tidur, di mana beberapa saraf dan organ Li Zhanying masih aktif selama tidur.

Dokter menuturkan Li sebenarnya tertipu oleh otaknya sendiri. Kala beristirahat, sebagian tubuhnya sudah masuk masa dormansi tetapi dia tak harus menutup mata untuk tidur.

Misalnya, ketika berbicara dengan suaminya, Li Zhanying terkadang memiliki bola mata yang lambat dan mata yang cekung, yang menunjukkan bahwa dia sedang beristirahat selama momen-momen itu.

Karena caranya yang tidak biasa mengistirahatkan tubuh dan otaknya, Li kemudian percaya bahwa dia belum tidur selama 40 tahun. Dia tidak menghabiskan lebih dari 10 menit dengan mata tertutup setiap hari, jadi secara teknis dia benar.

Beberapa tahun yang lalu, beberapa tetangga mencoba menguji klaimnya yang tidak bisa tidur dengan bermain kartu, di bawah lampu jalan di malam hari, tetapi mereka akhirnya pulang atau tertidur saat itu juga, sementara Li tetap terjaga.

Suami Li, Liu Suoquin, juga membenarkan bahwa istrinya tampaknya tidak perlu tidur sama sekali. Sejak mereka menikah, dia memperhatikan bahwa dia tetap terjaga siang dan malam, melakukan pekerjaan rumah bahkan di tengah malam.

Dia terus mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa tidur dan merasa insomnia, sehingga membelikannya beberapa pil tidur. Itu juga tidak membuatnya tidur.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.