Pemkot Gorontalo Kunjungi Kota Ternate untuk Studi Pariwisata Kota Tua

0
25
Gambar : Rombongan Pemerintah Kota Gorontalo saat berkunjung ke Pemerintah Kota Ternate dalam rangka rangka untuk belajar dari Pemerintah Kota setempat, terkait pengelolaan dan pengembangan wisata budaya kota tua. (Foto : Diskominfo).

TNews, KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo melakukan lawatan kerjanya ke Kota Ternate dalam rangka untuk belajar dari pemerintah kota setempat, terkait pengelolaan dan pengembangan wisata budaya kota tua. Yang warisan sejarah dan budayanya terkenal sampai ke mancanegara.

Di sela-sela kunjungannya, Wali Kota Marten Taha menyampaikan bahwa, berbagai tempat wisata yang terdapat di Kota Ternate itu kaya akan situs bersejarah dan kebudayaannya. Seperti halnya dengan Tidore yang memiliki kebudayaan yang begitu kental.

“Sebagai kota bersejarah, ternate dan tidore kepulauan memiliki berbagai peninggalan kebudayaan (Heritage) baik yang bersifat artefaktual (kebudayaan material) maupun kebudayaan non material (nilai dan tradisi),” ucap Marten di sela-sela kunjungannya, Senin (04/12/2023).

Menurut Wali Kota Marten Taha, bahwa antara Kota Gorontalo dan Kota Ternate itu sama-sama memiliki kemiripan, kemiripan tersebut dapat dilihat dari Kota Gorontalo itu sendiri yang merupakan bekas daerah peninggalan kerajaan.

Lebih lanjut dalam pertemuan antara kedua pemerintah daerah tersebut, Wali Kota Marten Taha mencoba mempresentasikan profil pariwisata Kota Gorontalo yang juga tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2016 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah (Ripparda) tahun 2016-2026.

“Kedepannya, kebijakan pengembangan pariwisata Kota Gorontalo akan lebih diarahkan untuk pengembangan kawasan wisata budaya kota tua (Heritage),” ujar Marten.

Di akhir kesempatannya Marten kembali menambahkan bahwa, di kawasan Kota Tua Gorontalo itu, ada terdapat 6 bangunan yang telah ditetapkan melalui SK Wali Kota sebagai obyek cagar budaya, dan ada sebanyak lebih dari 100 bangunan yang diduga berpotensi menjadi obyek cagar budaya (ODCB).

“Tepat ketika kami menjadikan kita Ternate dan Tidore Kepulauan sebagai daerah tujuan untuk pelaksanaan studi tiru terhadap berbagai program kegiatan pelestarian, pengelolaan serta pemanfaatan destinasi wisata budaya/sejarah,” pungkas Marten.

Dalam kunjungan kerjanya Wali Kota Marten Taha didampingi oleh Ketua TP. PKK Kota Gorontalo, Kepala Bapppeda, sejumlah Kepala Bagian di lingkungan Setda Kota Gorontalo dan pimpinan OPD terkait diterima langsung Wali kota M. Tauhid Soleman. Sementara di Kota Tidore Kepulauan rombongan Pemkot Gorontalo diterima oleh Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo.

Selain melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Ternate dan Tidore Kepulauan, Wali Kota Marten Taha juga menyambangi KKIG (Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo) yang ada Kota Tidore dengan maksud untuk menjalin silaturahmi.*

Reporter : Gean Bagit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.