Ini Efek Minum Kopi Yang Dicampur Alkohol

0
40
ilustrasi

TNews, KULINER – Irish coffee, menu ini mencampurkan kopi dengan alkohol. Ternyata kombinasi keduanya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apa saja efek yang dirasakan?

Sebenarnya kopi termasuk ke dalam minuman sehat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kalau dikonsumsi tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya, kopi juga dapat menurunkan berat badan.

Berbeda dengan menu kopi yang sudah dikreasikan. Karena menu kopi ini banyak diberikan campuran pemanis dan lemak, seperi gula, sirup, susu, hingga krimer. Karenanya manfaat kopi berkurang dan menyebabkan masalah kesehatan.

bahkan ada menu kopi yang dicampurkan alkohol. Seperti Irish Coffee atau kopi Irlandia yang belakangan ini populer di kalangan penikmat kopi. Menu satu ini mencampurkan kopi hitam dengan wishkey dan krim.

Walaupun menu kopi ini disebut dapat meningkatkan energi, beberapa ahli menyebut kalau kombinasi kedua bahan itu malah menyebabkan masalah kesehatan. Kopi diketahui mengandung kafein yang tinggi, dan terdapat gula yang tinggi pada minuman beralkohol.

Saat dikonsumsi secara terpisah, kopi dapat meningkatkan energi dengan menjaga tubuh dari rasa kantuk. Sementara minuman beralkohol dapat memperlambat refleks seseorang dengan memengaruhi kimia otak.

Dr. Seema Bonney, MD dari Anti-Aging and Longevity Center of Philadelphia menjelaskan tentang efek gabungan minuman keras dan kafein pada tubuh manusia. Menurut Dr. Bonney, meminum kedua zat sekaligus dapat memiliki beberapa efek berbeda pada orang.

Seperti efek plasebo, kafein dalam tubuh akan mematikan efek menenangkan dan mengantuk yang dimiliki alkohol pada tubuh. Efek nyata kedua adalah akan mulai merasakan dehidrasi, karena kedua zat tersebut bersifat diuretik yang meningkatkan produksi urin.

Efek lain dari mengonsuami kopi dan minuman beralkohol secara bersamaan dalam jumlah besar dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Risiko lainnya, pola tidur seseorang dapat terpengaruh juga.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.