Nasi Goreng Indonesia Juara Menu Sarapan terenak di Asia Tenggara

0
130
ilustrasi

TNews, KULINER – Situs kuliner sekaligus traveling TasteAtlas, kembali merilis menu sarapan terpopuler dan terenak di Asia Tenggara. Banyak di antaranya merupakan makanan Indonesia.

Setelah sebelumnya situs TasteAtlas memberikan peringkat atau rating makanan yang paling enak, dan tidak enak di Asia Tenggara. Di mana bubur ayam dari Indonesia menempati posisi tiga teratas, kini TasteAtlas kembali dengan daftar sarapan enak di Asia Tenggara.

Ada sekitar sepuluh menu sarapan dari berbagai negara di Asia Tenggara yang dipilih. Seperti ban cuon, silog, gado-gado hingga nasi kandar.

Berikut lima menu sarapan terenak di Asia Tenggara.

  1. Bun Bo Hue

Di posisi ke lima ada Bun Bo Hue, menu sarapan khas Vietnam yang mirip sekilas mirip seperti sup ayam. Namun Bun Bo Hue diolah dari kaldu tulang babi dan sapi, kemudian mie bun, serai, terasi, perasan jeruk nipis dan beberapa rempah lainnya.

Rasa mie kuah yang satu ini cukup pedas, dengan rasa rempah dan bumbu yang kuat jika dibandingkan dengan mie Pho. Menu ini sangat populer di pagi hari.

Banyak penjual yang kadang menambahkan bakso dari daging kepiting, hingga irisan daging sapi untuk membuat hidangannya semakin meriah.

  1. Torta

Di posisi ke empat ada Torta dari Filipina. Menu omelette yang tampil unik dan berbeda dengan omelette di negara Barat. Torta bukan hanya telur dadar saja, melainkan kombinasi dari terong yang diselimuti kocokan telur.

Di dalam kocokan telur ditambahkan daging cincang, sayuran seperti kentang yang dipotong dadu agar tekstur telur lebih tebal. Menu ini cukup digemari saat sarapan, bahkan lebih populer dari sarapan nasi.

Selain kombinasi omelette dengan terong. Orang Filipina sering membuat kombiasi torta lainnya, seperti tortang gulay yang terdiri dari paprika dan bawang putih.

  1. Bo Kho

Selain Bun Bo Hue, ada juga Bo Kho yang menempati posisi ketiga sebagai menu sarapan terenak di Asia Tenggara. Bo Kho merupakan gulai daging ala Vietnam yang biasanya dicocol dengan roti baguette atau nasi putih, dan terkadang mie.

Seperti kebanyakan makanan khas Vietnam lainnya. Perpaduan rempah seperti cabe, lada, bawang putih, bawang daun, kayumanis hingga serai menjadi kunci utama di sajian ini.

Bahan utamanya menggunakan daging sapi yang dipotong dadu dan wortel sebagai sayurannya. Kuahnya yang kental manis, sedikit pedas dari rempah dan aromatik makanan yang sedap.

  1. Gado-gado

Salad tradisional khas Indonesia, atau dikenal dengan nama gado-gado ini berhasil menempati posisi dua di daftar sarapan terenak di Asia Tenggara. Gado-gado yang menggunakan aneka sayuran rebus dan kukus sebagai bahan utamanya, mampu merebut banyak hati orang asing saat berkunjung ke Indonesia.

Gado-gado sebenarnya bisa dimakan kapan saja, tak hanya sarapan menu ini juga populer sebagai santapan makan siang. Tak ketinggalan ciri khas saus kacang kental yang manis gurih, dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkap.

Gado-gado bisa disantap dengan nasi putih, lontong, atau dimakan langsung dengan tambahan kentang atau labu agar lebih kenyang.

  1. Nasi Goreng

Rajanya menu sarapan di berbagai negara Asia. Ternyata nasi goreng khas Indonesia lah yang berhasil memenangkan posisi pertama, sebagai menu sarapan paling enak se Asia Tenggara versi TasteAtlas. Memang variasi nasi goreng di setiap negara pastinya beragam.

Namun nasi goreng Indonesia dipilih karena paduan rasanya yang lebih kompleks. Menggunakan bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, terasi, kecap manis, telur dan nasi sisa kemarin karena tekstur nasinya lebih keras dan tidak mudah hancur saat digoreng

Selain menu sarapan nasi goreng. Beberapa menu makanan lain dari Indonesia juga dipilih oleh TasteAtlas, sebagai menu sarapan enak. Seperti nasi gudeg dari Yogyakarta.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.