Pepaya Bisa Jadi Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

0
535

TNews, SEHAT – Pepaya bukan hanya enak dan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Buah ini juga direkomendasikan jadi camilan bagi para penderita diabetes.

Bagi pengidap diabetes, banyak makanan yang harus dihindari demi menjaga kadar gula darah. Makanan yang terlalu manis tentu dilarang jadi santapan padahal lidah pasti ingin dimanjakan dengan sesuatu yang manis dan lezat.

Jangan sedih dulu, beberapa buah mengandung fruktosa alami yang aman dikonsumsi para penderita diabetes. Salah satunya pepaya, buah tinggi serat ini aman dan justru direkomendasikan untuk disantap oleh para pengidap diabetes.

Dilansir dari BoldSky (1/2) pepaya bahkan bisa jadi penghambat alami bagi lonjakan gula darah. Buah ini juga terbilang murah didapat dan punya harga murah meriah. Siapapun direkomendasikan untuk banyak ngemil pepaya.

Pepaya yang termasuk keluarga Caricaceae diklaim memiliki daging buah yang bersifat anti-diabetes. Namun konsumsi pepaya di kalangan penderita diabetes ternyata masih jadi kontroversi bagi sebagian orang.

Berikut beberapa fakta buah pepaya yang aman dikonsumsi para pengidap diabetes.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Pepaya mengkal, pepaya matang ataupun olahan pepaya terbilang aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Kandungan gula dalam pepaya memang tidak serendah pada apel namun gula buah ini tidak menaikkan kadar gula darah. Menyantap pepaya manis tidak akan memicu kenaikan gula darah sehingga aman dikonsumsi para pengidap diabetes.

Disarankan untuk mengonsumsi pepaya di pagi hari sebagai menu sarapan. Buah ini juga bisa diandalkan sebagai pendongkrak energi sebelum memulai aktivitas pagi. Selain dimakan langsung, pepaya juga bisa dikombinasikan dengan makanan lain seperti yogurt plain untuk membantu menurunkan kadar glikemik.

  1. Pepaya jadi obat alami yang enak

Hasil penelitian yang dilakukan pada 50 orang menyebutkan bahwa pepaya bisa menjadi obat yang efektif untuk menurunkan kadar gula plasma. Individu dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 25 pasien.

Kelompok pertama terdiri dari penderita diabetes tipe 2 yang sedang dalam pengobatan, sementara 25 orang sisanya berada dalam kelompok orang yang secara klinis dinyatakan sehat. Semua orang ini diberikan pepaya fermentasi selama dua bulan saat makan siang.

Hasilnya menunjukkan bahwa pepaya dapat menurunkan kadar glukosa yang signifikan pada penderita diabetes maupun orang yang sehat.

  1. Mencegah kanker pada penderita diabetes

Sebuah penelitian dilakukan untuk melihat hubungan antara konsumsi pepaya dan pencegahan kanker pada penderita diabetes. Kadar glukosa tinggi sangat berkaitan dengan peradangan kronis dan stres oksidatif yang berpotensi meningkatkan risiko berkembangnya sel kanker.

Beberapa pasien diabetes memiliki resiko besar terkena kanker payudara, hati, pankreas, dan kolorektal. Pepaya memiliki aktivitas pembersihan radikal bebas. Ketika dikonsumsi secara rutin, pepaya terbukti signifikan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan mengontrol glukosa darah. Pepaya juga membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh.

  1. Pepaya rendah gula

Dalam 100 gr pepaya mentah mengandung 7,82 gr gula. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pepaya mengandung enzim proteolitik yang disebut papain.

Enzim ini secara alami memperlambat perkembangan diabetes tipe 2 dan juga melindungi penderita diabetes dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang berbahaya.

Pepaya juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang artinya setelah dikonsumsi pepaya akan melepaskan gula alami secara perlahan, tanpa meningkatkan kadar gula darah secara tiba-tiba. Ini menjadikan pepaya salah satu buah terbaik untuk dimasukkan dalam menu diet diabetes.

  1. Sumber nutrisi dalam pepaya

Selain menjaga kadar gula darah, pepaya juga tinggi nutrisi. Buah ini merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, folat, kalium, karoten, dan flavonoid. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh dan dapat membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.

Pepaya juga kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan. Menyantap satu porsi pepaya sebagai camilan juga membantu membuat perut kenyang lebih lama.

Secara keseluruhan, pepaya tidak hanya membantu menjaga gula darah tetap terkendali tetapi juga menyehatkan tubuh dengan banyak nutrisi yang terkandung do dalamnya.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.