Tips Makan Nasi Padang Buat Kamu yang Lagi Diet

0
821

TNews, KULINER – Walau sedang diet, kamu tetap bisa menikmati nasi Padang. Namun ada tips yang perlu dilakukan supaya asupan kalori dari nasi Padang tak terlalu banyak. Yuk, cek tipsnya!

Nasi Padang adalah hidangan tradisional Sumatera Barat yang jadi favorit banyak orang Indonesia. Berupa nasi putih hangat yang ditambahkan aneka lauk.

Lauk pendampingnya bisa berupa rendang, ayam bakar, ayam gulai, hingga dendeng. Hampir semua lauk yang disajikan di warung Nasi Padang ini sangat berlemak karena menggunakan santan. Proses memasaknya juga lama, sehingga menghasilkan minyak berlebih.

Oleh karenanya nasi Padang jadi musuh para pelaku diet. Selain itu, porsi nasi Padang juga terbilang besar.

Tapi kini tak perlu khawatir lagi kalau ingin menikmati nasi Padang saat sedang berdiet. Ahli diet Rahmat Sandi memiliki beberapa tips yang bisa dicoba. Tips ini ia bagikan lewat akun Instagram-nya @rahmatsandii (9/11).

“DIET MASIH BISA MAKAN NASI PADANG??? Jawabannnya bisa banget,karna kita pas di restoran padang,kita bisa cari lauk yg rendah kalori,” tulis Ahli diet Rahmat Sandi.

Berikut tips makan Nasi Padang saat diet:

  1. Pilih Lauk

Mencari lauk rendah kalori saat makan nasi Padang memang terbilang sulit. Tapi ada beberapa lauk yang menggunakan daging ayam atau ikan sebagai pilihan.

Rahmat menyarankan ayam bakar, ayam pop, atau ikan bakar. Menurutnya menu ini rendah kalori karena tidak menggunakan santan sebagai bahan utamanya.

  1. Porsi Nasi

Nasi Padang banyak disukai karena porsinya yang besar. Bahkan kalau beli Nasi Padang dibungkus, porsi nasi yang diberikan bisa 2 kali lipat. Namun, karena sedang diet hal itu perlu kamu perhatikan.

Nasi yang kamu bisa makan hanyalah 1/2 porsi. “Agar makin kenyang 1/2 nasi putih saja,” tulis Rahmat Sandi pada keterangannya. Saat berdiet, asupan karbohidrat memang harus dikurangi agar proses penurunan badan lebih cepat.

  1. Perbanyak Sayur

Tak hanya lauk berlemak yang disajikan pada nasi Padang, ada juga aneka sayuran yang bisa kamu tambahkan.

Seperti sayur gulai nangka, tapi karena sedang berdiet minta kepada pelayan untuk tidak menyertakan kuahnya. Karena kuah sayur gulai nangka ini menggunakan santan.

Lalu bisa juga tambahkan potongan timun dan daun singkong rebus. Untuk sayuran satu ini bisa minta lebih banyak, karena kalorinya sangat sedikit.

  1. Kurangi Kuah

Makan nasi Padang tak lengkap kalau tidak memakai aneka kuah yang disajikan. Aneka kuah ini adalah salah satu kunci kenikmatan nasi Padang.

Tapi karena sedang berdiet, sebaiknya kurangi asupan kuah. Kamu bisa minta pada pelayan untuk menambahkan 1 sdm kuah rendang dan 1 sdm kuah gulai saja. Pastikan takaran ini benar-benar mengikuti ukuran sendok makan, bukan sendok sayur.

Menurut ahli diet Rahmat Sandi, kalori Nasi Padang versi makanan diet ini sekitar 500-700 kalori saja. Tapi jumlah tersebut belum tentu akurat.

“Kalorinya sekitar 500-700 yaa karna belum tentu akurat, dari segi ukuran,takaran,dsb,kalau mau kurangin kalorinya cukup pakai super minim kuahnya. Sambel juga usahain dikit banget, karna masak sambel pakai minyak yg cukup banyak,” tulisnya pada keterangan di Instagram (9/11).

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.