8 Langkah Memasang Vinyl Flooring Sendiri untuk Pemula, Dijamin Anti Gagal!

0
7

Vinyl flooring merupakan pilihan lantai terbaik dan popular. Vinyl banyak digunakan, karena tahan air, mudah dirawat, dan memiliki tampilan yang stylish. Bagi orang awam, memasang vinyl flooring mungkin cukup mendebarkan, lantaran kekhawatiran salah memasang.

Namun sebenarnya, memasang vinyl tidaklah semenakutkan itu, asal tahu caranya. Ya, memang ada cara memasang vinyl flooring sendiri sehingga hasilnya lebih memuaskan. Nah, adapun paduannya dapat Anda lihat pada ulasan berikut. Dijamin rapi dan anti gagal!

Siapkan alat untuk memasang vinyl

Sebelum mulai memang vinyl, pastikan Anda sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.  Mengingat setiap tindakan vinyl cukup krusial sehingga memerlukan alat bantu agar hasilnya memuaskan. Untuk alat dan bahan yang perlu disiapkan seperti, vinyl flooring, lem vinyl, pisau cutter, meteran, roller, dan papan kayu sebagai pedoman potong.

Pemilihan Jenis Vinyl yang Tepat

Untuk mendapat hasil memuaskan, pilihlah jenis vinyl flooring sesuai kebutuhan dan gaya ruang Anda di rumah. Di antara yang lain, jenis vinyl plank atau tile termasuk salah satu yang terbaik. Jenis vinyl ini hadir dengan beragam warna serta tekstur. Setelah proses pemasangan, sudah pasti lantai rumah, kamar, atau kantor Anda akan jadi lebih estetik.

Persiapkan Lantai dengan Baik

Hasil pemasangan vynil turut dipengaruhi oleh kondisi lantai, lho. Hindari lantai yang cenderung lembab atau terlalu kering. Ini bisa bikin lem vinyl tidak rekat dan rentan lepas. Untuk itu, pastikan lantar dasar dalam kondisi baik, seperti harus rata, kering, dan bersih. Nah, jika lantai terdapat ketidakrataan segera perbaiki hingga tidak ada celah.

Pengukuran dan Perencanaan

Langkah selanjutnya adalah mengukur dan menentukan area pemasangan. Pastikan ukuran lantai dan vinyl yang hendak dipasang sesuai, agar Anda tidak rugi. Anda bisa menggunakan papan kayu sebagai dasar potong untuk memastikan potongan vinyl lurus serta akurat.

Pemasangan Lapisan Underlayment

Sesaat sebelum memasang vinyl, Anda perlu menambahkan lapisan underlayment. Lapisan ini mempunyai sejumlah manfaat buat pemasangan vinyl. Sebut saja seperti, meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Selain itu, underlayment juga membantu meredam suara dan memberikan izolasi termal.

Pemasangan Vinyl Flooring

Ini dia langkah paling krusial, yakni memasang vinyl flooring. Pertama, tempatkan lem vinyl pada lantai dengan rapi menggunakan perekat yang sesuai. Mulailah memasang vinyl dari sudut ruangan, dan tekan dengan perlahan ke lantai. Pastikan menekan permukaan secara menyeluruh dengan roller guna memastikan lem meresap dengan baik.

Penyelesaian dengan Detail

Setelah vinyl flooring dipasang, tentu akan ada saja bagian-bagian yang kurang rapi. Salah satu yang paling mengganggu adalah bagian vinyl berlebih. Untuk itu, Anda perlu melakukan finishing dengan melakukan pemotongan vinyl di beberapa spot. Contohnya seperti di area tiang atau pintu.

Penyegelan dan Pembersihan

Setelah pemasangan vinyl selesai, lanjut periksa apakah semua sisi vinyl terpasang dengan baik. Jika sudah, bersihkan sisa-sisa lem atau debu dengan hati-hati. Biarkan vinyl flooring rekat dengan mendiamkannya setidaknya 24 jam sebelum digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah memasang sendiri vinyl flooring dengan hasil yang memuaskan. Jangan ragu untuk mencoba, dan rasakan kenyamanan berjalan di lantai baru Anda.  Untuk harga vinyl lantai, silakan hubungi Courtina.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.