Ini Kisah Pernikahan Unik dengan Mahar Makanan

0
514

TNews, LIFESTYLE – Kisah pernikahan ini jadi perbincangan netizen karena maharnya tak biasa. Bukan uang atau perhiasan melainkan tiga butir telur sampai es cendol!

Mahar atau maskawin adalah harta yang diberikan pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan saat pernikahan. Dalam Islam, mahar bukan sekadar memberi barang melainkan bertujuan memuliakan mempelai wanita. Karenanya banyak mempelai wanita ‘meminta’ mahar kepada mempelai pria.

Biasanya mahar pernikahan berupa alat salat, perhiasan, atau uang tunai. Namun pada prinsipnya mahar tidak harus barang-barang itu, yang terpenting tidak memberatkan. Beberapa pasangan inipun pilih mahar berbeda untuk pernikahan.

Mereka memilih makanan seperti segelas air, tiga butir telur, sampai es cendol untuk jadi bagian pernikahan. Tentu saja mereka sempat jadi perbincangan. Banyak netizen merasa kagum, tak percaya, sekaligus salut dengan filosofi di balik pemberian mahar makanan ini. Seperti apa kisahnya?

Berikut 5 kisah pernikahan dengan mahar makanan:

  1. Segelas air

Mereka memilih makanan seperti segelas air, tiga butir telur, sampai es cendol untuk jadi bagian pernikahan. Tentu saja mereka sempat jadi perbincangan. Banyak netizen merasa kagum, tak percaya, sekaligus salut dengan filosofi di balik pemberian mahar makanan ini. Seperti apa kisahnya?

Berikut 5 kisah pernikahan dengan mahar makanan:

  1. Segelas air

Baru-baru ini kisah pernikahan pasangan Iwan Firman Wahyudi (Yudi) dan Helmi Susanti asal Lombok menyedot perhatian netizen. Pasalnya mempelai pria memberikan mahar sendal jepit dan segelas air putih untuk kekasihnya.

Hal ini terlihat dalam rekaman video yang viral di media sosial. Nampak Yudi membalas penghulu, “Aku terima kawin Helmi mas kawin sandal jepit sepasang dan air segelas dibayar tunai.”

Yudi sendiri berprofesi sebagai YouTuber dengan subscriber lebih dari 23 ribu. Pernikahannya dengan mahar sandal jepit dan segelas air pun menuai banyak komentar. Ada yang mencibir namun ada pula yang memujinya.

  1. Telur

Masih dari Lombok, pernikahan pasangan Agus Riadi dan Rosiana juga sempat viral. Agus memberi Rosiana mahar 3 butir telur ayam kampung. Pernikahan mereka pada Juni 2019 diunggah akun Instagram @insidelombok.

Selain telur, mahar lainnya adalah uang Rp 16.000. Ternyata ada kisah di balik mahar tak biasa ini. Agus sudah bernazar tidak akan menikah sebelum ada wanita yang mau dipinang dengan 3 butir telur ayam.

Agus sudah berkali-kali ditolak wanita sebelum akhirnya mempersunting Rosiana. Agus bahkan mendapat olokan dari tetangga soal niat uniknya itu. Tapi takdir akhirnya membawa Agus berlabuh pada Rosiana.

  1. Es cendol

Kisah pernikahan dengan mahar makanan selanjutnya adalah es cendol. Sepasang pengantin di Lampung Timur benar-benar menggunakan es cendol sebagai bagian penting pernikahan mereka.

Adalah Cicih Jayanti dan Muhamad Rohman yang menikah pada 30 Januari 2019 dengan mahar es cendol. Pemilihan minuman segar ini bukan tanpa alasan, pasalnya cinta mereka bersemi karena segelas es cendol.

Selain es cendol, Muhamad Rohman juga memberi mahar lain berupa surat Al-Ikhlas dan uang tunai Rp 100 ribu. Pernikahan mereka kala itu mendapat dukungan sekaligus ungkapan salut. Terlebih untuk mempelai wanita yang dianggap tidak mempersulit mempelai pria dengan pilih mahar murah.

  1. Suguhan pisang goreng

Pernikahan dengan mahar unik juga ada di Kendari, Sulawesi Tenggara. Mempelai pria bernama Rizki Ramadhan menikahi kekasihnya dengan mahar Rp 25 ribu.

Yang juga menarik perhatian adalah makanan dalam ‘pesta’ pernikahan itu. Rizki Ramadhan menyajikan para tamu yang datang menu sederhana berupa pisang goreng dan teh manis.

Peristiwa ini menunjukkan bahwa menikah tidak harus mahal. Dengan modal sederhana, menikah tetap bisa dilaksanakan. Sebab menikah bukan tentang mahar melainkan lebih dari pada itu.

  1. Segelas air

Kisah pernikahan dengan mahar makanan ini datang dari Aceh, tepatnya di Kampung Pea Jambu pada Maret 2016. Nampak sepasang mempelai duduk di masjid, lalu ia meminum segelas air.

Bukan sembarang air, air itu ternyata mahar yang diberikan mempelai pria. Momen unik ini diabadikan pengguna Facebook bernama Purwanto. Diketahui kalau mempelai pria itu adalah penyuluh agama honorer di KUA Singkohol.

Pernikahan ini juga sempat ramai dibicarakan netizen. Banyak yang tak percaya sekaligus kagum dengan pemberian mahar segelas air.

 

 Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.