Negara-negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia!

0
52

TNews, LIFESTYLE – Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan dalam kalender hijriah yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Hal ini karena seluruh umat muslim akan menjalani ibadah puasa.

Secara umum, durasi dalam satu bulan puasa di tiap negara adalah sama yakni 30 hari. Namun, untuk durasi puasa satu hari di setiap negara akan bergantung pada letak geografis.

Perbedaan durasi tersebut akan menyesuaikan awal puasa yakni waktu jelang terbit fajar hingga puasa berakhir pada saat matahari terbenam.

Negara dengan Durasi Puasa Ramadan 2022 Terlama

Negara lain yang bisa merasakan puasa terpanjang karena letak geografis dan musim saat bulan Ramadan di antaranya adalah Islandia dan Finlandia.

Umat muslim Islandia yang bisa menjalankan puasa selama 22 jam sehari. Kemudian ada juga negara Finlandia di mana umat muslim yang menjalankan puasa bisa hampir seharian yaitu selama 23 jam sehari.

Hal itu karena negara yang tinggal lebih jauh ke utara bumi akan menjalani puasa lebih lama daripada rekan-rekan negara yang tinggal lebih dekat ke khatulistiwa atau di belahan bumi selatan selama Ramadan.

Namun pada puasa Ramadan 2022, umat muslim di Oslo menjadi salah satu yang tergolong punya durasi puasa lama dengan lebih dari 17,5 jam. Kemudian disusul Inggris dengan 16 jam, menurut situs web islamicfinder.com.

Negara dengan Durasi Puasa Ramadan 2022 Tersingkat

Sedangkan umat Islam di Jakarta, Indonesia, tergolong lebih singkat dibanding negara di belahan utara dengan berpuasa selama kurang lebih 13 jam 15 menit. Mirip dengan durasi di kota Lagos Nigeria yang memiliki durasi 13 jam 33 menit.

Kemudian yang lebih singkat ada Melbourne yang hanya memiliki waktu siang hari sekitar 12,5 jam pada Ramadan 2022.

Lantas bagaimana dengan negara lain? berikut ini daftar negara dengan durasi puasa Ramadan 2022 berdasarkan kota terpilih, dikutip dari Statista.com.

8 Negara dan Durasi Puasa Ramadan 2022:

  1. Norwegia (Oslo) – 17 jam 33 menit
  2. Inggris (London) – 16 jam 7 menit
  3. Turki (İstanbul) – 15 jam 1 menit
  4. Amerika Serikat (New York) – 14 jam 40 menit
  5. Arab Saudi (Mekah) – 13 jam 59 menit
  6. Nigeria (Lagos) – 13 jam 33 menit
  7. Indonesia (Jakarta) – 13 jam 16 menit
  8. Australia (Melbourne) – 12 jam 32 menit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.