BW Temani Pemprov DKI Bawa Dokumen Formula E ke KPK: Tak Ada yang Ditutupi

0
12
Bambang Widjojanto (foto google)

TNews, NASIONAL – Mantan Pimpinan KPK yang juga anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Bambang Widjojanto (BW), mendampingi Pemprov DKI dalam menyerahkan dokumen terkait Formula E ke KPK. BW mengatakan upaya ini agar program Formula E transparan tanpa harus ada yang disembunyikan.

“Dokumen kita kasih, mari silakan diperiksa. Kalau ada yang diperlukan lagi kita akan berikan semuanya. Jadi supaya tidak ada yang ditutup-tutupi,” kata BW di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (9/11/2021).

BW mengatakan beberapa pihak juga ada yang dilakukan pemeriksaan. Dia berharap dokumen yang telah diserahkan ke KPK ini dapat menunjukkan bahwa penyelenggaraan Formula E sesuai dengan aturan.

“Ini dokumen ini, saya ngomong tiga hal yang tadi memperkuat Pak Syaeful. Satu yang menerima kita, tadi sudah minta pimpinan itu adalah teman-teman diriksa ya yang lagi dilakukan pemeriksaan. Dan dari dokumen mudah-mudahan semua every single evidence yang kita punya, yang kita berikan kepada KPK, karena tujuannya yang penting kita mau bikin tradisi baru ya, tradisi baru bahwa government itu harus betul-betul bertanggung jawab terhadap proses yang harus dilakukan, jadi kita kasih semua dokumen itu,” katanya.

Selain itu Pemprov juga sudah menyerahkan dokumen yang dikhususkan untuk pihak penegak hukumnya. Dia mengatakan upaya ini juga ditujukan dalam mendukung KPK dalam melakukan pencegahan anti korupsi.

“Classified yang efidensial itu juga kita berikan untuk penegak hukumnya, dengan begitu sebenarnya kita menginginkan tidak ada lagi gonjang-ganjing mengenai informasi, cuma kita tidak masuk ke dalam pokok perkara biar KPK ya,” katanya.

“Dan yang lebih penting lagi sebenarnya kami ingin mengintegrasikan MCP monitoring corruption perception yang dimiliki oleh korsupgah itu menjadi bagian penting yang bisa diintegrasikan dengan bagian penindakan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi best practice bagi pemerintah daerah lain seperti yang sekarang dilakukan,” sambungnya.

Sebelumnya, Perwakilan Pemprov DKI Jakarta, yakni Kepala Inspektorat DKI Jakarta Syaefullah Hidayat, dan Dirut PT JakPro Widi Amanasto hari ini akan menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan Pemprov DKI ke komisi antirasuah itu untuk menyerahkan dokumen terkait Formula E setebal 600 halaman.

“Penyerahan dokumen setebal sekitar 600 halaman tersebut merupakan himpunan dari seluruh dokumen mulai proses persetujuan hingga persiapan yang diperlukan KPK untuk mendapatkan informasi secara detail dan utuh mengenai penyelenggaraan perhelatan event Formula E,” kata Dirut JakPro Widi Amanasto dalam keterangannya, Selasa (9/11).

Widi mengatakan pemberian dokumen ini untuk mendukung pemeriksaan KPK terkait Formula E yang saat ini sedang berlangsung. Juga memastikan akan bersikap transparan dalam menyampaikan perencanaan ajang balap mobil listrik itu.

“Kami siap bekerja sama penuh dalam memberikan informasi-informasi serta melaksanakan penugasan penyelenggaraan Formula E sesuai dengan koridor good corporate governance, risk & compliance (GCGRC), sebagaimana yang diamanatkan oleh Pemprov DKI Jakarta,” jelas Widi.

Proses penyerahan dokumen ini didampingi Bambang Widjojanto (BW) dan Adnan Pandu Praja selaku dua pimpinan KPK periode 2011-2015. Tujuannya untuk memperlihatkan dukungan terhadap KPK dalam proses yang tengah dilakukannya agar dapat mengeliminasi potensi fraud sebagai bagian dari program pencegahan korupsi secara keseluruhan di lingkup pemerintahan dan BUMD DKI Jakarta.

 

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.