Ini 8 Kabupaten Rawan Tsunami Tinggi Menurut BPBD Jatim

0
1234

TNews, NASIONAL – BPBD Jatim menyebut ada 8 kabupaten yang rawan tsunami apabila terjadi gempa di atas 6,5 SR. Lalu apa saja upaya BPBD Jatim? “Jadi beberapa upaya pengurangan risiko ada seperti pencegahan bagaimana kita menghalangi tsunami. Lalu bisa kita lakukan mitigasi dengan menghalangi pertemuan antara tsunami dengan kita,” kata Gatot Soebroto, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim saat dikonfirmasi, Minggu (14/3/2021).

Bentuk dari mitigasi tersebut, lanjut Gatot, berupa pemasangan greenbelt. Dipasangnya greenbelt bisa mengurangi energi tsunami. Greenbelt sendiri sejauh ini sudah ada di daerah Banyuwangi serta Lumajang. “Bisa kita pasang greenbelt. Bisa dengan seawall seperti di Jepang. Paling memungkinkan ya greenbelt. Mangrove dengan luasan sekian bisa meredam tsunami. Saat air datang, masuk di antara greenbelt bisa berkurang energinya,” jelasnya.

Selain itu, Gatot menyampaikan, BPBD Jatim juga terus gencar mensosialisasikan konsep 20. Konsep ini berarti 20 detik setelah gempa, maka seseorang harus segera berlari mencari tempat dengan ketinggian 20 meter dalam waktu 20 menit. “Kesiapsiagaan ini membuat orang-orang cepat lari kalau ada tsunami. Dengan memahami konsep tsunami, dan mengerti sarana prasarananya, maka warga di sekitar pantai atau yang ada di pantai saat gempa terjadi sudah mengerti apa yang harus dilakukan,” bebernya.

BPBD Jatim juga telah melakukan penghijauan di kawasan pinggir pantai agar bisa memecah kekuatan saat tsunami terjadi. Ada juga alat early warning system yang dipasang BPBD serta BMKG di 8 kabupaten yang rawan gempa dan tsunami. “Kami juga menyiapkan desa tangguh bencana (destana) mengajarkan bagaimana masyarakat mengenal konsep 20 tadi. Kita juga bangun jalur evakuasi untuk temen-temen yang akan melarikan diri atau melakukan kegiatan evakuasi. Perlu juga adanya kerja sama dengan pengawas pantai sehingga ada yang mengingatkan ke masyarakat saat potensi itu terjadi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, 8 kabupaten yang rawan tsunami dengan risiko tinggi menurut BPBD Jatim yakni Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.