Jika PPKM Level 4 Diperketat, Ini Yang Akan Dilakukan Polisi

0
3128

TNews, NASIONAL – Polda Metro Jaya telah menerapkan ganjil-genap di 8 titik ruas jalan DKI Jakarta pada PPKM level 4. Polisi membuka opsi memperluas titik ganjil-genap jika pemerintah memperketat aturan PPKM Level 4.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kajian perluasan kawasan ganjil genap ini akan diputuskan setelah ada keputusan pemerintah terkait kebijakan PPKM pada tanggal 23 Agustus nanti.

“Nanti kita lihat tanggal 23 (Agustus) ya. Tanggal 23 (Agustus) kita akan lihat bagaimana aturan pemerintah, bisa saja kemudian dikurangi, hanya Sudirman-Thamrin saja misalnya, yang tadinya 8 (titik),” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo di titik ganjil-genap Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (21/8/2021).

“Atau kalau misalnya ternyata kata pemerintah diperketat lagi, ya kita tambah lagi,” sambungnya.

Sambodo menyebut penerapan ganjil-genap ini masih dalam tahap evaluasi. Peraturan selanjutnya akan ditentukan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah nanti.

“Kalau untuk tingkat mobilitas sedang kita hitung, tentu akan ada peningkatan dari sisi mobilitas artinya dibandingkan penyekatan dengan STRP, ganjil genap kan ada peningkatan,” ujar Sambodo.

“Tapi kan aturan ini kita sesuaikan dengan pelonggaran-pelonggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan semakin membaiknya angka Covid di Jakarta,” tambahnya.

Sebaliknya, jika kemudian pemerintah memberikan pelonggaran, polisi tentu tidak boleh lengah dalam melakukan penegakan protokol kesehatan untuk mencegah melonjak kembali kasus COVID-19.

“Walaupun tentu kita tidak boleh lengah dan tetap waspada karena setiap saat angka ini bisa meningkat kembali karena wabah Covid ini kan belum selesai,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah telah memperpanjang masa kebijakan PPKM level 4 di Jakarta hingga 23 Agustus. Atas dasar itu, kebijakan ganjil-genap di Ibu Kota pun ikut diteruskan.

“Iya, gage diperpanjang,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dimintai konfirmasi, Selasa (17/8).

Menurut Sambodo, dalam perpanjangan ganjil-genap kali ini, belum ada penambahan titik pemeriksaan gage. Total hingga saat ini masih ada delapan titik pemeriksaan ganjil-genap di ruas jalan Jakarta.

Selain itu, dia mengaku pihaknya telah memasang rambu-rambu penanda adanya ganjil-genap di delapan titik ruas pemeriksaan tersebut. Masyarakat diminta mulai semakin sadar dan mengikuti aturan tersebut.

“Sudah saya pasang di tiap sudut,” ujar Sambodo.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.