Satgas TMMD Gelorakan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

0
25
Gambar : Satgas TMMD Gelorakan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, (26/9/2023).

TNews, KENDAL – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-118 Kodim 0715/Kendal memberikan penyuluhan dalam rangka menggelorakan dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara. Kegiatan non-fisik ini menjadi bagian dari pelaksanaan TMMD yang memiliki sasaran pembukaan akses jalan di Desa Purwogondo Kecamatan Boja. Selasa (26/09/23)

Sasaran penyuluhan ini adalah warga di sekitar Desa Purwogondo yang menjadi pusat pelaksanaan TMMD.

Sebagai Pemateri Kapten Inf Agus Sulistyo mengatakan, penyuluhan dalam kegiatan non-fisik TMMD ini difokuskan pada materi cinta tanah air, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Materi tersebut untuk meneguhkan kecintaan terhadap Indonesia termasuk dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” bebernya.

Apalagi, tambahnya, kondisi masyarakat di Kecamatan Boja sangat beragam,
“Untuk itu diperlukan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa keberagaman yang merupakan anugerah Tuhan harus dijaga, dirawat dan dilestarikan,” katanya

Dengan begitu, lanjutnya, maka diharapkan kehidupan masyarakat Kecamatan Boja akan selalu damai, aman, nyaman dan tenteram serta jauh dari ancaman konflik dalam kehidupan bermasyarakat.

Dia mengatakan, program bela negara saat ini kembali digalakkan karena sangat penting diterapkan di seluruh lapisan masyarakat.

“Selain untuk memupuk jiwa cinta tanah air, di dalam materi pembekalan ini juga kita tekankan pada pendidikan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan disiplin serta etos kerja serta toleransi dan rasa saling menghargai,” katanya.

Untuk diketahui, program fisik TMMD Reguler ke-118 Kodim 0715/Kendal difokuskan pada pembuatan jalan yang merupakan akses jalan bagi warga Purwogondo. *

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.