Pertama Kalinya, Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022

0
75
panjat tebing 2022 ( foto: khalifani )

TNews, OLAHRAGA – Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid mematok target Indonesia memecahkan rekor dunia di Kejuaraan Panjat Tebing 2022 di Jakarta.

Indonesia akan menjadi tuan rumah salah satu seri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022. Ajang ini akan berlangsung di SCBD, Jakarta pada 24-26 September. Ini merupakan seri ke-12 dari 13 seri selama 2022.

“Acara ini diikuti hampir sekitar 200 atlet, Indonesia sendiri mengirimkan 42 atlet, 20 dari speed sisanya lead. Ada 27 negara yang ikut bertanding. Atlet-atlet luar negeri sudah mulai berdatangan,” kata Yenny di Kemenpora, Rabu (14/9).

Target FPTI dalam ajang ini adalah memecahkan rekor dunia dari nomor speed. Saat ini rekor speed dipegang atlet Indonesia, Kiromal Katibin dengan waktu 5,00 detik. Itu tercipta dalam seri Kejuaraan Dunia di Prancis.

Dari kategori putri, FPTI tak muluk-muluk. Mengacu pencapaian tahun ini, FPTI berharap bisa menembus tiga besar. Nurul Iqomah, Alivany Ver Khadijah, Rajiah Salsabila, Desak Made Rita, Puja Lestari, dan Susan Nurhidayat disebut siap tempur di Kejuaraan Dunia Jakarta.

“Sejauh ini atlet-atlet kita mentalnya sudah sangat kuat, prestasinya sangat konstan. Terakhir Frederick Leonardo masih memimpin klasemen karena perolehan poinnya sangat tinggi, Indonesia sekarang ada di tiga besar,” kata Yenny.

“Nah, semoga dengan kejuaraan ini [seri ke-12 di Jakarta] bisa tambah banyak lagi poinnya kalau bisa akhir tahun ini semoga atlet kita akan dapat trofi sebagai atlet peraih poin terbanyak,” ucap Yenny menambahkan.

Dalam kesempatan itu Yenny juga mengabarkan FPTI sedang berupaya menjadi tuan rumah pelaksanaan sebuah kejuaraan internasional pada 2023. Ajang ini diupayakan menjadi salah satu kualifikasi Olimpiade 2024.

“Tahun depan saya laporkan juga ada sebuah event, kita mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kejuaraan kualifikasi [Olimpiade]. Kita memang masih bersaing salah satunya dengan Korea Selatan,” ucap putri mendiang Gus Dur ini.khalifani )

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.