Sang Mantan Juara yang Absen di Piala Dunia 2022

0
60

TNews, OLAHRAGA – Italia dipastikan absen di Piala Dunia 2022. Gli Azzurri menjadi satu-satunya negara eks juara dunia yang tak berpartisipasi di Qatar.

Italia secara tragis kalah 0-1 atas Makedonia Utara dalam laga playoff di Palermo, Jumat (25/3/2022) dini hari WIB. Gol Aleksandar Trajkovski di injury time babak kedua membuyarkan asa skuad asuhan Roberto Mancini.

Hasil ini membuat Italia kembali absen di Piala Dunia untuk kedua kalinya secara beruntun. Pada edisi 2018 di Rusia, Giorgio Chiellini dkk juga hanya menjadi penonton usai takluk 0-1 dari Swedia, lagi-lagi di babak playoff.

Dengan demikian, untuk dua kali secara beruntun, Italia menjadi satu-satunya negara pemegang gelar juara yang absen di Piala Dunia. Italia bahkan satu-satunya mantan kampiun yang harus menjalani playoff kali ini.

Brasil, Jerman, Argentina, Uruguay, Prancis, Spanyol, dan Inggris sudah dipastikan lolos langsung ke Qatar setelah menjadi yang terbaik di grup masing-masing pada babak kualifikasi. Tujuh negara tersebut juga lolos langsung pada edisi 2018.

Absennya Italia selaku mantan juara di sebuah gelaran Piala Dunia sebetulnya bukanlah kejadian baru. Di masa lalu, hal itu beberapa kali terjadi. Contohnya ketika Inggris absen di edisi 1994 atau ketika Uruguay absen di edisi 2006.

Prancis juga pernah absen di Piala Dunia 1994, tetapi saat itu Les Bleus statusnya belum pernah jadi juara. Mereka baru meraihnya pada tahun 1998 dan 2018. Semenjak menjadi juara dunia, mereka selalu lolos.

Brasil, Jerman, Argentina, dan Spanyol pun sama, selalu lolos ke Piala Dunia semenjak menjadi juara dunia.

Sumber : detikSPORT.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.