5 Contoh Teks Berita beserta Penjelasan dan Strukturnya

0
694

TNews, PENDIDIKAN – Kejadian atau peristiwa yang sedang dan telah terjadi biasa dilaporkan dalam bentuk teks berita. Produk jurnalistik tersebut dapat ditemukan di berbagai media, baik luring maupun daring.

Dikutip dari laman Rumah Belajar Kemendikbud, teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian informasi tersebut dapat dilakukan melalui berbagai media.

Teks Berita harus Memenuhi Unsur 5W+1H

Teks berita harus memenuhi enam unsur-unsur yang mencakup 5W+1H (who, what, where, why, when, dan how). Dalam bahasa Indonesia unsur tersebut biasa dinamakan ADIKSIMBA, yakni singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Dijelaskan dalam buku Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII yang disusun oleh Erwan Rachmat, informasi yang disajikan dalam teks berita harus berupa fakta, yakni berdasarkan pada kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada saat itu.

Selain itu, berita juga harus ditulis secara aktual, berimbang, lengkap dari segi unsur, menarik, dan sistematis. Sebuah berita dikatakan menarik apabila memberikan manfaat bagi audiens, berkaitan dengan kepentingan masyarakat atau public figure, berupa kejadian penting, aneh, unik, dan bersifat konflik.

Dikutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan oleh Taufiqur Rahman, teks berita memiliki tiga struktur, sebagai berikut:

  1. Judul (headline)

Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan isi berita. Dalam teks berita, judul biasanya memuat tentang kejadian yang akan dibahas. Judul yang menarik akan memungkinkan pembaca tertarik terhadap berita yang disampaikan.

  1. Teras (lead)

Teras berita atau lead adalah bagian yang penting dalam berita. Lead terletak pada paragraf pertama dalam teks berita. Lead mencakup inti dari keseluruhan isi berita. Lead juga menjadi salah satu penentu bagi pembaca untuk melihat isi berita lebih lanjut.

  1. Tubuh (body)

Bagian ini merupakan inti dari teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan dari isi berita. Berita akan dibahas lebih rinci secara keseluruhan pada bagian ini.

Melansir kumpulan berita detikcom, Kamis (6/1/2022), berikut contoh teks berita lengkap dengan penjelasan unsur-unsur pembentuk berita:

  1. Contoh Teks Berita tentang Politik

Dilaporkan Adhie Massardi ke KPK, Ini Respons Ganjar Pranowo

Solo – Poros Nasional Pemberantasan Korupsi (PNPK) melaporkan sejumlah menteri hingga kepala daerah ke KPK. Salah satu yang dilaporkan adalah Ganjar Pranowo. Ganjar merespons laporan yang dilakukan Adhie Massardi dan kawan-kawan tersebut.

Ganjar Pranowo dilaporkan atas diduga terlibat dalam korupsi e-KTP. Presidium PNPK, Adhie Massardi, mengatakan KPK seharusnya dapat menuntaskan semua dugaan tersebut, agar nama-nama pejabat itu jika maju dalam Pilpres 2024 bersih.

“Nah kami berharap dari kasus-kasus ini, sehingga ada sejumlah nama di dalamnya yang kami laporkan itu, contoh misalnya kandidat-kandidat yang ramai sekarang ini di pilpres pertama soal Ganjar Pranowo, apakah benar dia terlibat e-KTP atau tidak, kan ini harus dibahas juga,” kata Adhie Massardi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (6/1/2022).

Atas pelaporan yang dilakukan Adhie cs tersebut, Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah, memberikan respons singkat.

“Saya komen apa ya?” demikian disampaikan Ganjar kepada detikcom yang menghubunginya untuk meminta pendapat terkait laporan tersebut, Kamis (6/1/2022).

Ganjar terkesan enggan menanggapi terkait laporan PNPK ke KPK tersebut.

Ketika dimintai tanggapan lebih lanjut, pria beruban tersebut cuma menjawab, “Ya komen saya itu saja,” kata dia.

Ketika dipastikan apakah hanya itu tanggapannya, lagi-lagi Ganjar cuma menjawab, “Iya.”

Diketahui, PNPK hari ini melaporkan sejumlah menteri hingga kepala daerah ke KPK. Tersebut nama Luhut Binsar Pandjaitan, Airlangga Hartarto, Erick Thohir, Ahok, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo.

Penjelasan:

What: Tanggapan Ganjar Pranowo usai dilaporkan oleh Adhie Massardi (Presidium PNPK) ke KPK.

Who: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

When: Tanggapan disampaikan pada Kamis, 6 Januari 2022.

Where: Di Solo.

Why: Ganjar Pranowo dilaporkan ke KPK karena adanya dugaan keterlibatannya dalam korupsi e-KTP.

How: Saat dimintai keterangan oleh wartawan detikcom, Ganjar terkesan enggan menanggapi terkait laporan PNPK ke KPK tersebut.

  1. Contoh Teks Berita tentang Ekonomi

Jokowi Cabut 2.078 Izin Usaha Pertambangan!

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut 2.078 izin usaha pertambangan minerba. Hal ini karena perusahaan tersebut tidak pernah menyampaikan rencana kerja, padahal perizinan sudah diberikan bertahun tahun.

“Hari ini sebanyak 2.078 izin perusahaan penambangan minerba kita cabut,” ujar Jokowi dalam konferensi pers disiarkan di kanal YouTube Setpres (6/1/2022).

Jokowi mengatakan, perusahaan-perusahaan tersebut tidak pernah melaporkan rencana kerja kepada pemerintah.

“Karena tidak pernah menyampaikan rencana kerja, izin yang telah bertahun-tahun diberikan tak pernah dikerjakan, ini menyebabkan tersanderanya pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Selain itu Jokowi juga mencabut sebanyak 192 izin sektor kehutanan seluas 3.126.439 hektar. Perizinan dicabut karena tidak aktif, tidak membuat rencana kerja dan ditelantarkan.

Selanjutnya adalah untuk hak guna usaha (HGU) perkebunan yang ditelantarkan seluas 34.448 hektar juga dicabut oleh Jokowi. Sebanyak 25.128 hektar adalah milik 12 badan hukum, sisanya 9.320 ha merupakan bagian dari HGU yang terlantar di milik 24 badan hukum.

Penjelasan:

What: Pencabutan izin usaha pertambangan.

Who: Pencabutan izin dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

When: Informasi disampaikan Jokowi pada Kamis, 6 Januari 2022.

Where: Informasi disampaikan di Jakarta dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Why: Perusahaan-perusahaan yang dicabut izin usahanya tidak pernah melaporkan rencana kerja kepada pemerintah.

How: Jokowi mencabut 2.078 izin perusahaan penambangan minerba yang tidak pernah melaporkan rencana kerja kepada pemerintah dan 192 izin sektor kehutanan seluas 3.126.439 hektar. Perizinan dicabut karena tidak aktif, tidak membuat rencana kerja dan ditelantarkan. Termasuk hak guna usaha yang ditelantarkan.

  1. Contoh Teks Berita tentang Olahraga

Resmi! Asnawi Mangkualam Perpanjang Kontrak di Ansan Greeners

Jakarta – Asnawi Mangkualam resmi memperpanjang kontraknya di Ansan Greeners. Pilar timnas Indonesia ini diikat kontrak anyar untuk mengarungi musim 2022/2023.

Asnawi sebelumnya dikontrak Ansan selama satu musim usai merapat pada 22 Januari 2021. Klub divisi kedua Liga Korea Selatan tersebut punya opsi untuk memperpanjang kontrak Asnawi selama satu tahun.

Ansan kini mengaktifkan opsi perpanjangan kontrak tersebut untuk mengikat Asnawi untuk mengarungi musim 2022/2023. Lewat situs resminya, Ansan mengungkap keputusan mereka memperpanjang kontrak Asnawi karena cukup puas dengan performa mantan bek PSM Makassar ini.

Ia tampil dalam 14 laga K-League 2 di musim lalu dengan sumbangan satu assist. Selain itu, bek sayap 22 tahun ini juga menghadirkan keuntungan secara komersial kepada Ansan.

Asnawi mampu meningkatkan jumlah pengikut Ansan di media sosial dan nilai hak siar klub. Ansan juga tak ragu menambah masa kontrak Asnawi usai melihat penampilannya di Piala AFF 2020.

Asnawi yang menjadi kapten Indonesia mampu membawa Tim Garuda melaju ke final. Meski di laga final, Indonesia gagal juara usai ditumbangkan Thailand.

“Karena kinerja dan apa yang terjadi yang di luar dugaan, negosiasi pembaruan kontraknya memakan waktu sedikit lebih lama dan negosiasi hampir gagal. Asnawi menunjukkan performa yang lebih dari yang diharapkan,” bunyi pernyataan Ansan di situs resmi klub.

Asnawi kini punya target untuk mengantarkan Ansan promosi ke K League 1. Ia ingin membuka jalan bagi para pemain Indonesia untuk bermain di Korea Selatan.

“Saya ingin memberikan landasan yang baik bagi para pemain Indonesia untuk bermain ke K-League. Untuk melakukan itu, saya akan membantu tim untuk promosi dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022,” ungkap Asnawi di situs resmi Ansan.

Penjelasan:

What: Asnawi Mangkualam resmi memperpanjang kontraknya di Ansan Greeners.

Who: Asnawi Mangkualam.

When: Kabar tersebut diungkapkan Asnawi pada Kamis, 6 Januari 2022.

Where: Kabar tersebut diungkapkan melalui akun media sosial Asnawi.

Why: Ansan mengungkap keputusan mereka memperpanjang kontrak Asnawi karena cukup puas dengan performa mantan bek PSM Makassar ini. Asnawi mampu meningkatkan jumlah pengikut Ansan di media sosial dan nilai hak siar klub. Ansan juga tak ragu menambah masa kontrak Asnawi usai melihat penampilannya di Piala AFF 2020.

How: Ansan kini mengaktifkan opsi perpanjangan kontrak untuk mengikat Asnawi untuk mengarungi musim 2022/2023.

  1. Contoh Teks Berita tentang Teknologi

Indosat Ooredoo Hutchison Resmi Beroperasi, Siap Gaspol di 2022

Jakarta – Mengawali tahun 2022, Indosat Ooredoo Hutchison, resmi beroperasi. Mereka siap maksimalkan layanan di tahun ini.

Operator seluler hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) resmi terlahir, Selasa (4/1/2022). Direktur Utama Indosat Ooredoo Hutchison terpilih Vikram Sinha mengatakan, perjalanan penggabungan kedua perusahaan telah dilakukan sejak Desember 2020.

“Hari ini merupakan hari spesial. Hari ini ingin saya bagikan kepada kalian semua bahwa Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia telah menjadi satu,” ujar Vikram di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Dengan lahirnya perusahaan merger Indosat dan Tri ini, Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk mempercepat inovasi, improvisasi dalam memberikan pengalaman digital pelanggan, serta mengkreasi nilai keuntungan kepada semuanya.

Seperti diketahui, induk perusahaan kedua perusahaan, yaitu Ooredoo dan CK Hutchison sepakat untuk menggabungkan anak perusahaan mereka di Indonesia.

Kedua induk perusahaan mulai penjajakan sejak akhir 2020. Sempat tertunda beberapa kali penggabungan kedua operator seluler, namun akhirnya merger Indosat dan Tri disepakati pada pertengahan September 2021 dan melahirkan Indosat Ooredoo Hutchison.

Adapun, transaksi ‘perkawinan’ kedua operator seluler yang beroperasi di Indonesia ini mencapai USD 6 miliar atau setara Rp 85 triliun.

Dengan merger ini, Indosat Ooredoo Hutchison akan memanfaatkan pengalaman dan keahlian Ooredoo Group dan CK Hutchison dalam hal jaringan, teknologi, produk, serta layanan. Mereka juga akan memanfaatkan operasi multinasional Ooredoo Group dan CK Hutchison yang tersebar di pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pasifik.

Penjelasan:

What: Indosat Ooredoo Hutchison Resmi Beroperasi.

Who: Kabar tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Indosat Ooredoo Hutchison terpilih Vikram Sinha.

When: Kabar tersebut disampaikan pada Selasa, 4 Januari 2022.

Where: Di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Why: Mempercepat inovasi, improvisasi dalam memberikan pengalaman digital pelanggan, serta mengkreasi nilai keuntungan kepada semuanya.

How: Dengan merger ini, Indosat Ooredoo Hutchison akan memanfaatkan pengalaman dan keahlian Ooredoo Group dan CK Hutchison dalam hal jaringan, teknologi, produk, serta layanan.

  1. Contoh Teks Berita tentang Pendidikan

Gibran: PTM 100 Persen di Solo Bertahap Mulai Pekan Depan

Solo – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memulai pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen secara bertahap pekan depan. Namun dia menunda PTM untuk kelompok anak-anak yang belum divaksin COVID-19.

“Minggu depan sudah 100 persen yang kelas IX. Minggu depannya 100 persen yang kelas VIII, bertahap,” ujar Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (5/1/2022).

Sementara untuk anak-anak, lanjutnya, masih ada kelompok yang belum divaksin. Hal ini disebabkan anak-anak tersebut mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), sehingga harus menunggu sebulan untuk divaksin.

“Kan ada BIAS. Harusnya kan nunggu dulu beberapa minggu. Kan nggak boleh suntiknya tumpuk-tumpuk. Tapi kita prioritaskan BIAS baru vaksin,” ujar dia.

Menurutnya, pelaksanaan PTM 100 persen tetap dimulai bertahap sambil memantau situasi. Namun dia menegaskan PTM 100 persen bakal berlangsung penuh pada Februari 2022.

“Februari semuanya 100 persen, itu vaksinasi sudah selesai. Karena harus nunggu vaksinasi selesai. Kasihan yang kecil-kecil. Kita pengen lebih aman saja. Kita lihat ada lonjakan kasus nggak, harus hati-hati, terutama untuk anak 6-11 tahun,” kata Gibran.

Ditanya soal daerah lain yang sudah siap melaksanakan PTM 100 persen untuk anak-anak, Gibran pun mempertanyakan. Sebab di Solo, ada kelompok anak-anak yang masih mengikuti BIAS.

“Daerah lain saya nggak tahu, coba tanya daerah lain. Seharusnya kan ada BIAS juga,” pungkasnya.

Penjelasan:

What: Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Who: Kabar tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

When: Kabar tersebut disampaikan pada Rabu, 5 Januari 2022.

Where: Di Balai Kota Solo.

Why: Masih ada kelompok yang belum divaksin.

How: Pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen secara bertahap akan dimulai pekan depan. Namun, PTM anak-anak yang belum vaksin masih ditunda.

Sumber : DetikEdu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.