5 Kampus Negeri di Malaysia dengan Uang Kuliah Paling Murah

0
278

TNews, PENDIDIKAN – Menurut pemeringkatan QS World University 2022, ada 22 universitas di Malaysia yang masuk dalam daftar kampus terbaik dunia. Tak heran jika Malaysia menjadi negeri incaran mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikan setiap tahunnya.

Salah satu universitas negeri terbaik di Malaysia adalah Universiti Malaya (UM). Universitas tersebut menyediakan program yang dapat diambil mahasiswa asing dengan biaya yang terjangkau.

Selain UM, sejumlah universitas negeri di Malaysia lainnya juga menetapkan biaya pendidikan yang terjangkau. Biaya kuliah ini umumnya dibedakan berdasarkan universitas dan jurusan yang diambil.

5 Universitas Negeri di Malaysia dengan Biaya Terjangkau

Dilansir dari Global Scholarships for International Student dan World Scholarship Forum, berikut universitas negeri di Malaysia yang mematok biaya pendidikan paling terjangkau:

  1. Universiti Malaysia Pahang (UMP)

Universiti Malaysia Pahang (UMP) merupakan salah satu universitas teknik negeri yang diberikan status otonom oleh pemerintah setempat pada tahun 2015. Estimasi biaya pendidikan tahunan bagi mahasiswa internasional sekitar RM 3.665 atau sekitar Rp 12,5 juta (kurs Rp 3.427).

Kampus pusat UMP berada di daerah Pekan dengan menampung tiga fakultas, yakni Fakultas Teknik Elektro dan Elektronika, Fakultas Teknik Mesin dan Manufaktur, serta Pusat Bahasa Modern dan Ilmu Pengetahuan Manusia. Sementara enam fakultas lainnya berada di kampus Gambang.

  1. Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM)

Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) merupakan universitas negeri di Malaysia yang terkenal dengan fasilitas mutakhirnya di semua departemen utama. Universitas teknik ini juga menjadi salah satu universitas termurah di Malaysia.

Biaya pendidikan tahunan di UTeM sekitar RM 4.000 atau Rp 13,7 juta. Universitas ini memiliki sepuluh fakultas, termasuk Fakultas Teknik Elektro dan Institut Manajemen Teknologi dan Kewirausahaan.

  1. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)

Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) merupakan universitas Islam yang didanai dan dimiliki oleh pemerintah setempat. Awalnya, universitas ini dikenal dengan nama Kolej Universiti Islam Malaysia dan beroperasi sejak 1998.

USIM memiliki sembilan fakultas, mulai dari Fakultas Kedokteran Gigi hingga Fakultas Kepemimpinan dan Manajemen. Biaya pendidikan tahunan untuk studi di USIM sekitar RM 5.866 atau Rp 20,1 juta.

  1. Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

Universitas negeri dengan biaya terjangkau lainnya adalah Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Universitas ini didirikan pada September 1993 dan fokus pada bidang teknik dan teknologi. Biaya pendidikan di UTHM umumnya sebesar RM 7.350 atau sekitar Rp 25 juta.

  1. Universiti Utara Malaysia (UUM)

Universiti Utara Malaysia (UUM) juga termasuk salah satu universitas termurah di Malaysia. UUM merupakan universitas negeri ke-6 di Malaysia dan menjadi satu-satunya universitas khusus pendidikan manajemen.

Universitas ini mulai beroperasi sejak April 1998. Biaya pendidikan tahunan di UUM sekitar Rp 8.880 atau Rp 30,4 juta.

Itulah universitas negeri di Malaysia dengan biaya paling terjangkau. Biaya tersebut merupakan estimasi secara umum dan dapat berubah berdasarkan kebijakan kampus. Umumnya, biaya kuliah paling mahal ada di jurusan kedokteran, teknik, dan bisnis.

Sumber : detikEdu.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.