Gapai Melek Literasi, Lentera App dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Bersinergi Memberikan Pelatihan Menulis Bagi Pemula di Seluruh SMA dan SMK

0
6

Gapai Melek Literasi, Lentera App dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Bersinergi Memberikan Pelatihan Menulis Bagi Pemula di Seluruh SMA dan SMK

Lentera App dan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan berkolaborasi dalam pelatihan menulis bagi siswa SMA dan SMK. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca dan literasi anak usia sekolah. Pelatihan dilakukan secara daring, terdiri dari tiga kelas, dan disampaikan oleh pemateri berpengalaman. Program ini diharapkan dapat menciptakan penulis muda berbakat.

Jakarta, 27 Juni 2023 – Dalam upaya meningkatkan minat baca dan melek literasi pada anak usia sekolah, sesuai dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lentera App., sebuah perpustakaan digital gratis, bersinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan untuk mengadakan kegiatan Pelatihan Menulis Bagi Pemula secara komprehensif untuk siswa SMA dan SMK yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan atas nota kesepahaman (MOU) yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Riza Fahlevi, MM,  dan CEO Lentera, Annastasia Puspaningtyas, pada Maret 2023 lalu. Baik Lentera App. maupun Dinas Pendidikan Sumatera Selatan sepakat bahwa menjadikan anak didik melek literasi, merupakan suatu hal yang krusial, dan menjadi modal bagi anak didik untuk mampu bersaing dalam persaingan global, sehingga kedua belah pihak berkehendak untuk sama-sama merancang kegiatan yang dapat menstimulasi anak didik untuk mencintai literasi.

Mondyaboni, SE., SKom., M.Si., Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, mengungkapkan, “Kami sangat antusias dengan kolaborasi antara Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan Lentera App. ini, karena kami melihat, program ini tidak sekedar mampu menumbuhkan kecintaan siswa terhadap dunia literasi, namun juga memberikan peluang bagi siswa didik kami terutama di SMK, untuk dapat memanfaatkan ilmu menulis dan ilmu penunjang lainnya sebagai ilmu yang bisa langsung diterapkan secara profesional, maupun penunjang profesi mereka nanti, mengingat anak-anak SMK ini memang dipersiapkan untuk langsung masuk ke dunia kerja.”

Feby Indirani, penulis novel Bukan Perawan Maria, yang menjadi salah satu pemateri di kegiatan Pelatihan Menulis Bagi Pemula ini, berpendapat, “Menulis bukan sekedar perkara menuangkan ide-ide menjadi kumpulan kalimat. Menulis adalah suatu proses berpikir, bagaimana kita belajar untuk mengkritisi hal-hal yang kita lihat sehari-hari, meksplorasinya,  merasionalisasikannya, mengolahnya dengan strategis, agar bisa disampaikan dengan tepat ke khalayak luas, yang tentunya dengan cara yang menghibur.” Penulis yang bukunya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Italia dan Jepang ini pun menambahkan, ”Meski misal nantinya anak-anak didik ini memilih untuk tidak menjadi penulis profesional, ilmu berpikir kritis dalam menulis ini sangat berguna di dunia kerja mereka, bahkan di kehidupan mereka sehari-hari, sesederhana mampu menulis lamaran kerja dan CV dengan baik dan benar, membuat proposal, laporan kerja, dan sebagainya.”

Annastasia Puspaningtyas, CEO Lentera App, menyampaikan bahwa kegiatan ini nantinya akan dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dimulai dari 5 provinsi di 5 pulau terbesar di Indonesia. “Lentera App. memiliki visi dan misi untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, dan juga memperkenalkan sastra Indonesia di dunia internasional. Untuk itu, kami memulainya dengan yang paling mendasar terlebih dahulu, yaitu menumbuhkan kecintaan atas literasi di masyarakat Indonesia, terutama anak usia sekolah. Caranya, dengan menularkan kecintaan membaca dan menulis dengan mengemas kegiatan ini seasyik mungkin, dan hasilnya pun dapat langsung mereka rasakan, yaitu berupa cerpen yang dapat mereka tulis selepas pelatihan, dan cerpen-cerpen terbaik nantinya akan mewakilkan sekolah untuk dipublikasikan di Lentera App.. Kemudian lebih jauh lagi, kami berharap dari pelatihan ini, akan tumbuh penulis-penulis muda berbakat yang karya-karyanya dapat dinikmati dan diakui oleh dunia.”  

Kegiatan Pelatihan Menulis Bagi Pemula ini diikuti oleh  SMA dan SMK di Provinsi Sumatera Selatan yang telah mendaftarkan diri, dan  akan dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 25 Juli 2023 secara daring berkelompok. Pelatihan terdiri dari 3 kelas sebagai suatu kesatuan, yaitu kelas Pelatihan Menulis, kelas Pelatihan Menyunting, dan kelas Pelatihan Pemasaran Digital Karya Tulis. Pelatihan  dapat diikuti oleh seluruh siswa SMA dan SMK dan juga para pendidik di Provinsi Sumatera Selatan secara gratis. Pelatihan akan disampaikan oleh para pemateri yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya.

Lentera adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital swasta pertama di Indonesia yang mulai hadir di tengah masyarakat pada Desember 2022 dengan versi beta. Lentera mempublikasikan buku-buku bermutu, baik fiksi maupun nonfiksi, yang dapat diakses melalui telepon selular pintar maupun tablet secara gratis, namun tetap memberikan keuntungan kepada penulis dan penerbit berupa royalti, atas setiap buku yang dibaca.

Sebagai perpustakaan yang menyajikan koleksi literasi dengan standar penerbitan, Lentera dapat menjadi sumber referensi yang luas bagi para pengajar serta peserta didik, baik dari dalam maupun luar negeri, dengan menyediakan buku-buku terbaru maupun buku-buku klasik yang mungkin telah berhenti dicetak oleh penerbit asalnya, sehingga dapat melengkapi materi pembelajaran para pelaku pendidikan.

Lentera sudah dapat diunduh dan dinikmati secara gratis bagi pengguna gawai pintar berbasis Android. Lentera berbasis iOS akan segera hadir, sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat menikmati pengalaman membaca buku secara gratis dan praktis. “Relax, and enjoy the book….”

C. Marsella
Public Relation Specialist
0819-5041-540
marsella@lentera.app

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.