Tak Hanya Matematika, Ini 6 Jurusan Kuliah Paling Rumit Hitung-hitungannya

0
255

TNews, PENDIDIKAN – Setiap jurusan kuliah memiliki karakteristik masing-masing. Salah satunya dikenal dengan hitung-hitungannya yang rumit.

Jurusan yang berkaitan dengan hitung-hitungan tersebut berasal dari rumpun ilmu sains dan teknologi atau saintek. Umumnya, mahasiswa yang mengambil bidang tersebut adalah mereka yang tertarik dengan angka atau memiliki kecerdasan logis matematis (math-logical intelligence).

Jurusan kuliah dengan hitungan yang rumit

Sejumlah jurusan kuliah bidang saintek mengharuskan mahasiswa untuk berkutat dengan hitung-hitungan setiap harinya. Berikut enam jurusan yang terkenal dengan hitung-hitungan yang rumit:

  1. Matematika

Matematika paling dikenal sebagai jurusan yang banyak menghitung. Dilansir dari Quipper Campus, jurusan ini fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Mulai dari geometri, aljabar, hingga matematika diskrit.

Jurusan matematika ini dibuka oleh berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Umumnya, jurusan ini masuk dalam fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA).

  1. Statistika

Statistika merupakan bagian dari bidang studi matematika yang fokus pada data statistik. Jurusan ini mempelajari tentang data yang lebih kompleks, seperti proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis, hingga menghasilkan suatu kesimpulan.

Tidak jauh berbeda dengan matematika, jurusan ini juga dibuka oleh berbagai PTN. Beberapa di antaranya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Airlangga.

  1. Fisika

Jurusan kuliah yang terkenal dengan hitung-hitungan yang rumit lainnya adalah fisika murni. Salah satu PTN yang membuka jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Dilansir dari situsnya, mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai hal ditinjau dari aspek fisisnya.

Misalnya tentang gelombang. Di materi ini, mahasiswa akan mempelajari sifat-sifat gelombang, perilakunya, dan contohnya dalam peristiwa sehari-hari. Tentunya, akan ada hitung-hitungan sendiri untuk mempelajari hal tersebut.

  1. Teknik Informatika

Selain jurusan yang ada di fakultas MIPA, jurusan yang terkenal paling rumit hitung-hitungannya juga ditemui di fakultas teknik. Adalah teknik informatika. Mahasiswa jurusan ini akan banyak belajar tentang pemrograman atau ilmu algoritma.

Itulah sebabnya, mahasiswa teknik informatika juga belajar tentang algoritma, aljabar, matematika diskrit, dan mata kuliah seputar logika, termasuk bahasa pemrograman.

  1. Teknik Penerbangan

Jurusan teknik lainnya yang membutuhkan konsentrasi dalam berhitung adalah teknik penerbangan. Di sejumlah perguruan tinggi, jurusan ini juga disebut dengan teknik dirgantara.

Mahasiswa jurusan teknik penerbangan akan belajar tentang segala hal yang berhubungan dengan pesawat, penerbangan, serta kedirgantaraan. Dilansir dari laman ITB, jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu dasar teknik yang cukup luas dan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kritis di berbagai bidang engineering.

  1. Kimia

Kembali ke fakultas MIPA, jurusan yang dikenal memiliki hitung-hitungan rumit lainnya adalah kimia. Bahkan, sejumlah sumber menyebut bahwa kimia termasuk salah satu jurusan paling sulit.

Mahasiswa jurusan kimia akan dihadapkan dengan berbagai rumus dan simbol-simbol yang harus dihafalkan dan dipahami betul-betul. Mereka juga harus menguasai ilmu termodinamika, yang terkenal memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Sumber : detikEDU.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.