Ini Tanggapan Masyarakat Saat KPU Gelar Uji Publik Konsep Daerah Pemilihan

0
77

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Kotamobagu menggelar Uji Publik terhadap Partai Politik (Parpol) dan Tokoh Masyarakat, terkait Konsep Daerah Pemilihan, Jumat (9/2/2018) di Hotel Sutan Raja.

Ketua Divisi Teknis KPU Kotamobagu, Aditya L. Tegela mengatakan, KPU telah menyampaikan dua konsep Daerah Pemilihan Kepada KPU Provinsi sesuai masukan dari Parpol dan Tokmas. “Dan setelah melakukan kajian secara teknis, KPU Provinsi lebih cenderung memilih opsi bahwa Kota Kotamobagu harus tetap dibagi menjadi tiga Daerah Pemilihan saja,” katanya.

Uji Publik tetap dilakukan KPU, agar pandangan secara umum dari Parpol dan Elemen Masyarakat terkait Daerah Pemilihan ini, dapat kami rekam dan Publish. “Agar KPU Provinsi dan Pusat bisa melihat apa sesungguhnya yang menjadi keingin warga Kotamobagu terkait Daerah Pemilihan,” ujarnya.

Hairun Mokoginta, Tokoh Masyarakat Genggulang, saat penyampaian pandangan Daerah Pilih (Dapil), mengatakan, persoalan Dapil, jumlahnya tidak terlalu dipersoalkan. “Sebab siapapun nanti yang terpilih dipemilihan Legislatif, semua tergantung Allah SWT,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Golkar Kota Kotamobagu, Sudirman Mamonto tetap bersikukuh pada opsi empat Dapil. “Meski kita tahu bahwa pertemuan ini sulit merubah apa yang telah diputuskan KPU Provinsi, namun ada pertimbangan yang tidak terpikirkan KPU yakni Optimalisasi Pembangunan yang berbasis pada pemerataan wilayah,” tegasnya.

DPR secara lembaga bertanggungjawab kepada masyarakat tanpa terkecuali, tetap saja Oknum-oknum DPR lebih mementingkan pembangunan di Daerah pemilihan dia. Untuk itu saya berpendapat bahwa dalam rangka pemerataan pembangunan, ada baiknya Kota kotamobagu ditata menjadi empat Daerah Pemilihan,” tutupnya.

Diketahui, 3 daerah pemilihan di Kotamobagu meliputi Dapil Satu Gabungan Kecamatan Kotamobagu Utara dan Timur dengan jumlah alokasi kursi 10, Dapil Dua Kecamatan Kotamobagu Selatan 6 Kursi, dan Dapil Tiga Kecamatan Kotamobagu Barat berjumlah 9 kursi.

 

NENO KARLINA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.