Mantapkan Kesiapan Pilkada Serentak, Komisi I Deprov Sulut Rapat Bersama KPU dan Bawaslu

0
38

T.NEWS-MANADO- Tak lama lagi kita akan menghadapi Pilkada serentak Tahun 2020, semua stakeholder yang terkait mulai dari pemerintah dan Komisi Pemiihan Umum (KPU) nampak sementara mempersiapkan semuanya.

Event akbar yang menelan anggaran 360 milyar , masing masing KPU 220 milyar, Bawaslu 110 milyar, dan Keamanan 30 milyar harus di tata sedemikian rupa agar dapat terkontrol.

Menindaklanjuti itu, Komisi I DPRD Sulut yang berhubungan langsung dengan pemerintahan, hukum dan HAM, Selasa (28/01/2020), melakukan hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut, di gedung DPRD Sulut.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua Komisi I Vonny Paat dan didampingi anggota Komisi Ronald Sampel, Winsulangi Salindeho, Imelda Novita Rewah dan Fabian Kaloh ini menerima penjelasan panjang dari KPU dan Bawaslu menjelaskan mengenai tahapan yang sudah dilakukan masing-masing.

Sebagaimana dikatakan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, saat ini Bawaslu masih mengawasi tahapan seleksi PPK.

“Bawaslu Sulut mengawasi langsung proses rekrutmen PPK yang sedang berlangsung saat ini,” jelas Herwin Malonda.

Sementara, Ketua KPU Ardiles Mewoh menjelaskan, pihaknya masih pada tahap seleksi PPK yang dilakukan KPU kabupaten/kota. Setelah itu KPU akan masuk tahap seleksi PPS dan dilanjutkan dengan calon perseorangan.

“Tahapan untuk calon perseorangan Bulan Februari nanti,” aku Ardiles Mewoh.

Untuk itu, ditambahkan Ardiles Mewoh, pihaknya mendorong pemerintah daerah yang akan menggelar Pilkada untuk melakukan pencairan anggaran tepat waktu karena anggaran hal itu sudah diatur dalam NPHD.

“Dampak jika terjadi keterlambatan pencairan adalah pada pelaksanaan tahapan Pilkada si kabupaten/kota pelaksana Pilkada,” tandas Mewoh.

Diketahui pada pilkada serentak ini Provinsi Sulawesi utara akan menggelar pemilihan Kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur dan 4 pemilihan Bupati dan 3 pemilihan Walikota. Untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) ada Boltim, Bolsel, Minut dan Minsel. Untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) ada Manado, Bitung dan Tomohon. Serta ada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut,” jela

Adapun akhir masa jabatan kepala daerah yang akan digelar Pilkada Serentak adalah:
Sulut, berakhir masa jabatan 16-6-2021
Kota Tomohon, berakhir masa jabatan (17-2-2021)
Kabupaten Minut, berakhir masa jabatan (17-2-2021)
Kabupaten Minsel, berakhir masa jabatan (17-2-2021)
Kabupaten Boltim, berakhir masa jabatan (17-2-2021)
Kabupaten Bolsel, berakhir masa jabatan (17-2-2021)
Kota Bitung, berakhir masa jabatan
(30-3-2021)
Kota Manado, berakhir masa jabatan
(9-5-2021)

(Dvd).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.