Pilwako Kotamobagu 2024 Mulai Berwacana, Dua Nama Birokrat Menguat

0
134

TNews, KOTAMOBAGU – Meski pemilihan kepala daerah Kotamobagu nanti akan digelar secara serentak pada November 2024 mendatang, namun sejumlah nama mulai bermunculan yang digadang-gadang bakal bertarung di Pilwako mendatang.

Nama-nama bakal calon Walikota dan Wakil Walikota mulai muncul ke permukaan dan mulai diperbincangkan dikalangan masyarakat Kotamobagu khususnya di platform media sosial.

Berdasarkan pantauan media ini dalam sepekan ini, masyakarat Kotamobagu melakukan Polling  di website PollingKita.Com dengan pertanyaan “Jika Pilwako Kotamobagu di laksanakan pada bulan Desember, siapa Pilihan Anda?”.

Polling tersebut mulai di laksanakan pada 12 Desember 2023 dan telah ada 1626 suara yang telah di berikan oleh pengguna media sosial di Kotamobagu, dengan sistem 1 IP Address hanya bisa 1 kali melakukan pilihan. Polling tersebut juga menunculkan 17 nama yang terdiri dari 12 nama dari kalangan politisi dan 5 nama dari kalangan birokrat asal Kota Kotamobagu.

Menariknya ada 2 nama birokrat asal Kotamobagu masuk dalam 5 besar polling tertinggi, Tahlis Galang yang merupakan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) di 3 Kabupaten/kota yaitu mantan Sekda Bolsel, Sekda Kotamobagu dan Sekda Bolmong yang kini juga sedang menjabat Kadis Koperasi & UMKM Pemprov Sulut yang bertengger di posisi pertama hasil polling tersebut.

Selain itu, ada nama Birokrat Muda yang memiliki karier cemerlang di Kotamobagu dan kini menjabat Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu yaitu Sofyan Mokoginta, Anak kandung dari mantan Bupati Bolmong Muda Mokoginta ini menempati posisi ke 4 dalam polling tersebut.

Berikut Hasil lengkap polling hingga Selasa (19/12/23) hingga pukul 10.00 Wita :

Tahlis Gallang (Sekda Bolmong) = 20,3 %

Meidy Makalalag (Ketua DPRD KK) = 20 %

Haris Mongilong (DPRD KK) = 19,1 %

Sofyan Mokoginta (Sekda KK) = 16,6 %

Royke Kasenda (DPRD KK) = 8,5 %

Nayodo Koerniawan (Mantan Wawali) = 4,5 %

Alfian Bara (DPRD Sulut) = 3,3 %

Jainudin Dampolii (Mantan Wawali) = 1,4 %

Asripan Nani (Pj Walikota) = 1,2 %

Jusran Mokolanot (DPRD KK) = 1,1 %

Djelantik Mokodompit (Mantan Walikota) = 1 %

Agung Adati (Ass 3 Pemkot) = 0,9 %

Sande Dodo (Mantan Sekda) = 0,6 %

Adrianus Mokoginta (DPRD KK) = 0,4 %

Herdi Korompot (Wakil Ketua DPRD) = 0,4 %

Syarif Mokodongan (Wakil Ketua DPRD) = 0,3 %.

Wenny Gaib = 0,3 %

 

Reporter : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.