Lestarikan Budaya Mongondow, Putri BRANI Prewedding di Rumah Adat

0
421
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Tanya Putri Merdeka Putri, calon pengantin yang memiliki inisiatif melakukan prewedding di Patung Bogani In Totabuan, di Kelurahan Kotobangon dan Rumah Adat Monibi, Desa Mengkang, sebagai bentuk kecintaan kepada leluhur dan melestarikan budaya daerah Mongondow, Minggu 18 Maret 2018, ternyata adalah sulung dari Senator Sulawesi Utara, Benny Rhamdani (BRANI).
“Kalau bukan kita, siapa lagi? Leluhur dan budaya daerah tidak bisa dipisahkan dari generasi ke generasi, apalagi dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan serba instan, yang bisa membuat kita tidak peduli lagi dengan budaya,” kata Putri, begitu ia karib disapa, didampingi Ibunda tercintanya, Sri Tanti Angkara, di kediamannya, Desa Poyowa Besar Satu.
Salah satu pelaku sejarah yang membuat Rumah adat Monibi, Desa Mengkang Dedi Martasen, mengaku bangga dan memberikan apresiasi.
“Saya terharu. Sebab, hal ini belum pernah dilakukan siapapun sebelumnya. Saya tidak melihat dan menilai dalam konteks prawedding atau aksesoris pernikahan. Namun, ini adalah keinginan dan kepedulian budaya yang ada di Mongondow. Saya juga berterimakasih kepada ayahnya, Benny Rhamdani, yang tentu telah memberikan suport kepada anaknya melakukan prewedding dengan icon budaya,” ucapnya.
“Perlu diketahui, bahwa Rumah Adat Monibi, dan Patung Bogani Mokooludan,  yang ada di Desa mengkang, telah ditetapkan warisan budaya nasional oleh Kementrian Pendidikan,” ujarnya.
“Saya mengajak masyarakat BMR memberikan apresiasi kepada Putri yang telah memberikan contoh yang baik untuk generasi muda,” Jelasnya.
Gerry Liangga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.