Kastil Peri Misterius di Negara Tuan Rumah Euro 2020

0
103

TNews, SEJARAH – Salah satu negara tuan rumah Euro 2020, Azerbaijan punya situs misterius bernama Parigala. Kastil itu merupakan bagian dari sejarah negara Azerbaijan. Terletak di kaki Gunung Kaukasus, Parigala tampak berdiri kokoh di atas tebing batu yang posisinya hampir vertikal. Parigala yang dalam bahasa Azerbaijan berarti kastil peri itu sudah berdiri lama yakni antara abad ke-4 dan ke-8 masehi. Kendati berusia tua, bangunan ini tak begitu populer di kalangan masyarakat. Salah satu sebabnya karena akses menuju kastil yang sulit dan negara itu belum terlalu mengembangkan destinasi pariwisatanya.

Jika traveler datang ke sana, traveler harus naik mobil dengan trek yang sempit. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan mendaki lereng yang licin dan curam. Belum lagi jalanan juga kerap tertutup dedaunan yang berguguran dai pepohonan di hutan. Dilansir dari Oddity Central, Rabu (23/6/2021) sampai saat ini masih sedikit orang yang mampu mencapai Parigala. Selain medan yang sulit, kastil ini juga terdiri atas fasad batu kapur yang menutup pintu masuk ke gua yang memiliki 3 kamar. Sebenarnya dulu ada tangga menuju Parigala ini. Tangga itu terbuat dari batu kapur dan disemen dengan mortar yang sangat kuat dan melekat.

Sayangnya, usai ratusan tahun, tangga ini rusak sehingga Parigala sulit diakses. Meskipun begitu, menurut artikel yang terbit di Azerbaijan International pada 2005, ada seseorang yang mampu masuk ke Parigala. Ia adalah penduduk lokal bernama Mammad Darudov. Mammad diketahui menjadi orang terakhir yang tercatat sanggup memanjat dinding batu Parigala pada tahun 1970-an. Setelah itu, tak ada lagi yang mampu melakukannya. Mammad sendiri merupakan atlet gulat yang sudah menjuarai ajang itu sebanyak dua kali di Azerbaijan. Setelah mampu mencapai Parigala, ia berusaha membuat jalur pendakian ke sana.

Baginya, mendaki sampai ke Parigala bukan perkara sulit. Cukup dengan mendirikan tangga darurat dan menempatkan batang pohon tipis di dasarnya, Parigala akan mudah dijangkau. Hingga kini, belum ada yang tahu secara pasti alasan seseorang membangun kastil di medan yang sulit seperti Parigala. Akan tetapi, berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat Azerbaijan, kisah pembangunan kastil peri ini tak jauh dari urusan asmara. Konon setelah pasukan Mongol menguasai lokasi tempat Parigala berdiri, Genghis Khan ingin menjadikan penduduk lokal sebagai istrinya.

Pilihan pun jatuh pada gadis cantik bernama Pari. Pari adalah anak saudagar kaya di wilayah itu. Setelah tahu ia akan dipersunting Genghis Khan, Pari minta dibuatkan kastil Parigala. Usai Parigala berdiri, Pari pun pergi ke sana supaya pasukan Mongol tak bisa menyentuhnya. Akan tetapi karena pasukan Mongol terus berjaga di kaki gunung, Pari memutuskan untuk melompat dari tebing.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.